Header Ads

http://www.bankdki.co.id/en/product-services/layanan/modern-banking/jakone-mobile-bank-dki

PERADRI Selenggarakan UPA Serentak di Beberapa Kota Pada April 2017

Pengambilan Sumpah Advokat PERADRI untuk Wilayah Hukum Sulawesi Selatan dan Barat. 
Profesi Advokat merupakan salah satu primadona bagi Sarjana Hukum di Indonesia. Tak mengherankan apabila setiap tahun hampir di setiap lembaga penyelenggara Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) selalu dibanjiri peminat. Bahkan, ketika pada setiap organisasi Advokad di Indonesia, hampir tak pernah sepi dari peminat untuk dapat merengkuh cita-ctia menjadi Advokat. 

Paska Surat Ketua Mahkamah Agung  Nomor 73/KMA/HK.01/IX/2015 tanggal  25 September 2015 perihal penyumpahan advokat yang ditujukan kepada seluruh Ketua Pengadilan Tinggi se-Indonesia. Surat tersebut seolah membuka kran bagi Organisasi Advokat lain untuk memohon penyumpahan Advokat bagi para calon Advokat yang telah memenuhi persyaratan yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Tak hanya satu organisasi Advokat, namun semua organisasi Advokat berhak untuk memohon penyumpahan Advokat bagi para calon Advokatnya.

Organisasi Advokat yang sedang tumbuh berkembang di bumi pertiwi ini tentunya menguntungkan para Sarjana Hukum, Sarjana Hukum Islam, maupun Sarjana Syariah yang ingin menggapai cita-citanya menjadi Advokat. 

Salah satu yang sekarang sudah menjadi tempat berlabuh para calon Advokat adalah Perhimpunan Advokat Republik Indonesia (PERADRI). Satu-satunya organiasi Advokat yang kantor pusatnya di luar Pulau Jawa ini memberikan kesempatan kepada lulusan Pendidikan Tinggi Hukum antara lain Sarjana Hukum, Sarjana Hukum Islam, Sarjana Syariah yang serta berkeinginan menjadi penegak hukum dengan menggeluti profesi Advokat. 

Adv. Bakri Remmang, SH.
Presiden PERADRI Advokat Bakri Remmang, SH menyampaikan, saat ini organisasi PERADRI yang dipimpinnya membuka kesempatan seluas-luasnya kepada putra putri  Indonesia yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA) yang dilaksanakan PERADRI.

Bakri mengutarakan, persayaratan pendaftaran UPA PERADRI antara lain mengisi formulir pendaftaran UPA PERADRI dengan melampirkan ; copy KTP electronik yang masih berlaku (usia minimal 25 tahun), copy Ijasah Sarjana Pendidikan Tinggi Hukum yang dilegalisir, Pasfoto warna 3×4 cm latar merah, bukti transfer biaya UPA, dan copy Sertifikat Pendidikan Profesi Advokat (bagi yang sudah mengikuti PKPA).

"Dalam syarat mengikuti UPA PERADRI, calon peserta tidak mesti telah mengikuti PKPA. Setelah mereka lulus UPA PERADRI, baru kemudian mengikuti PKPA PERADRI. Sedangkan yang telah mengikuti pendidikan profesi Advokat di tempat lain, itu  sertifikatnya diakomodir oleh PERADRI, sehingga yang bersangkutan tidak perlu lagi mengikuti PKPA PERADRI,” jelas Bakri Remmang.

Pendiri LBH Bhakti Keadilan ini juga mengungkapkan, untuk jadwal pendaftaran dimulai sejak tanggal 11 hingga 27 April 2017. Kemudian, pelaksanaan UPA direncanakan pada tanggal 30 April 2017 mendatang di sejumlah kota di Indonesia, diantaranya ; Makassar, Sulbar, Jakarta, Surabaya, Banten, Palembang, Jayapura, Kendari, Batam dan beberapa daerah lainnya. Khusus untuk wilayah Batam dan Kepulauan Riau, UPA PERADRI akan dilaksanakan di Kota Batam pada tanggal 20 April mendatang. 

Pengambilan Sumpah Advokat PERADRI untuk wilayah hukum PT Jawa Timur.
Bakri menjelaskan, PERADRI dalam melaksanakan aktivitasnya telah diakui pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor AHU 00463.60.10.2014  tanggal 05 September 2014 dan lulusan PERADRI telah mengikuti penyumpahan sebagai Advokat di sejumlah Pengadilan Tinggi, diantaranya ; Pengadilan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat di Makassar, Pengadilan Tinggi Jawa Timur di Surabaya. 

Lebih lanjut Bakrie mengatakan, untuk infomasi lebih lanjut mengenai UPA PERADRI, calon peserta UPA dapat menghubungi DPN PERADRI melalui website www.peradri.org, email : ylbhbk@gmail.com atau akun facebook : www.facebook.com/dpnperadri.

No comments

Powered by Blogger.