Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Kemenperin Kembangkan Gerakan Transformasi Digital Bagi IKM

Dirjend Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. Foto : Ist.
JAKARTA - Guna memberdayakan Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) berupaya menempuh strategi untuk meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan terhadap teknologi digital.

Salah satu usaha untuk meningkatkan pemahaman terebut adalah melalui seminar nasional bertajuk "Startup, Tech Provider 4 IKM".

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, seminar nasional ini merupakan langkah dalam mewujudkan Making Indonesia 4.0 Startup 2019.

"Acara seminar nasional ini diselenggarakan untuk mensosialisasikan gerakan transformasi digital di IKM," kata Gati di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (30/8).

Selain itu, tambah gati, acara ini digelar dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan kesiapan IKM untuk melakukan transformasi digital menuju industri 4.0 dan menguatkan keberadaan serta peran startup teknologi sebagai technology provider bagi IKM.

"Kami telah melakukan pembinaan startup dari tahun 2015, dalam perjalanan terlihat potensi IKM ini ada, dan ternyata produksi IKM ini bisa meningkat jika memakai ilmu dari para startup," terangnya.Dijelaskan Gati, dalam acara ini juga akan dibagikan kisah sukses implementasi teknologi digital di IKM agar menjadi stimulan bagi para IKM lainnya. "Selain membagi ilmu untuk para IKM, kami (Ditjen IKMA) juga mendapat masukan terkait kebutuhan pembinaan startup di bidang teknologi industri 4.0 ke depan," tutur Gati.

Adapun rangkaian program "Startup 4 Industry 2019" dimulai pada publikasi dan registrasi yang dilakukan pada tanggal 20 Agustus-20 Oktober 2019. Kemudian, dilakukan peluncuran program yang dilaksanakan selama 1 hari pada 30 Agustus 2019. Selanjutnya, Tech Link atau Business Matching antara IKM dengan startup yang akan dilaksanakan di Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Tangerang, dan Bekasi pada rentang 31 Agustus-18 September 2019.

"Adapula sosialisasi kompetisi Hack Industry dan Comptech di Kota Bandung, Malang, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Batam, dan Bali pada 31 Agustus-19 September 2019," paparnya.

Program Startup 4 Industry ini diharapkan dapat mengkatalisator proses transformasi digital di IKM yang berbasis pada pemecahan masalah yang dihadapi, demi terwujudnya IKM unggul untuk masa depan industri Indonesia yang lebih baik.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi ruang positif bagi startup teknologi untuk mewujudkan Making Indonesia 4.0," tutup Gati. (IND)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.