Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Bupati Benny Laos Canangkan Gerakan Hortikultura di Morotai

Bupati Benny Laos memberikan sambutan pada Gerakan Tanam Hortikultura. Foto : Halil
MOROTAI - Gerakan Tanam Tanaman Buah (Hortikultura) Serentak untuk penghijauan di setiap halaman rumah warga desa Morotai, yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan  bekerja sama dengan Kodim 1508 Tobelo dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74 serta HUT Tani Nasional ke-59.

Kegiatan tersebut berlangsung di tiga tempat diantaranya di desa Wayabula Kecamatan Morselbar, Desa Sangowo Kecamatan Mortim dan Desa Totodoku Kecamatan Morsel. Namun, acara seremoninya dipusatkan di halaman masjid desa Totodoku, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu 25 September 2019, pukul 16.00 WIT.

Mengawali sambutan pada acara tersebut Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Pulau Morotai M. Rizal Ismail menyampaikan, kegiatan penghijauan tanaman buah serentak ini dilakukan dalam rangka pengembangan kawasan holikultura yang telah diatur sesuai dengan Perbup No. 23 Tahun 2018 dan untuk memperingati Hari Tani Nasional ke 59 dan HUT TNI ke-74.

Lanjutnya, Dimana sebelumnya, Lanal, Lanud dan Polres Morotai telah melaksanakan kegiatan penghijauan sehingga atas dasar tersebut Pemda Morotai ingin melakukan kegiatan serupa untuk melakukan kerja sama dengan Kodim 1508 Tobelo.

"Harapan ke depan instansi lain juga dapat mengikuti program penanaman ini sehingga dapat berguna dalam mendukung swasembada pangan melalui pengembangan kawasan Holtikultura di Kabupaten Pulau Morotai," pungkasnya.

Menurut dia, Selama ini kebutuhan buah banyak disuplai dari wilayah Sulawesi dan Jawa, tentunya Pemda ingin memiliki inisiasi untuk melakukan swasembada pertanian melalui bidang holtikultura buah-buahan agar dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Morotai.

Penanaman pohon.
M Rizal Menyebutkan, Kegiatan penanaman serentak ini akan dilakukan di 3 kecamatan dan 18 desa secara serentak.
Untuk Kecamatan Morotai Selatan, terdiri dari Desa Joubela, Desa Totodoku dan Desa Falila.

Sementara Kecamatan Morotai Timur adalah Desa Sambiki Baru, Desa Sambiki, Desa Gamlamo, Desa Sangowo Barat, Desa Sangowo, Desa Sangowo Timur, Desa Rahmat, Desa Mira, Desa Doku Mira, Desa Wewemo, Desa Gosoma Maluku, Desa Buho Buho dan Desa Seseli Jaya.

Kemudian Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar) hanya berada di dua titik yaitu Desa Wayabula dan Desa Bobula

"Tanaman hortikultura yang di tanam ini ada tiga jenis tanaman, diantaranya tanaman mangga harum manis dan mangga dodol untuk kecamatan Morotai Selatan. Tanaman Jeruk untuk Kecamatan Morotai Timur dan tanaman nangka untuk Kecamatan Morotai Selatan Barat," katanya

Pada kesempatan yang sama Dandim 1508 Tobelo Raimond L.M. Sitanggang mengatakan Penanaman buah di 18 Desa bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat dengan jangka panjang, seperti apa yg kita dapat sekarang merupakan peninggalam dari nenek moyang kita terdahulu.

"Kegiatan penanaman buah-buahan ini dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke 74 dan mengucapkan Hari Tani Nasional ke-59 kepada Dinas Pertanian yang ada di Kabu Pulau Morotai," ucapnya

Sementara Bupati Pulau Morotai Benny Laos mengutarakan, bahwa kegiatan penanaman serentak ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional dan HUT TNI ke-74 yang dilakukan melalui kerja sama dengan Kodim 1508 Tobelo.

Selain itu, kata Benny, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka pengembangan kawasan holtikultura dimana Pemda Morotai telah mentargetkan akan melakukan swasembada pangan pada tahun 2022.

"Kedepan, Pemda Morotai selain memiliki fokus pada peningkatan di bidang pariwisata juga akan melakukan peningkatan di bidang pertanian melalui pengembangan kawasan Holtikultura di Kabupaten Morotai," tegasnya

Lebih lanjut dia jelaskan, rencananya setelah kegiatan ini juga akan dilakukan gerakan tanam padi serentak karena dalam hal ini Pemda sangat ingin sekali mewujudkan swasembada pangan di Tahun 2022.

"Perlu diketahui setidaknya Pemda Morotai telah memperoleh kemajuan dalam mewujdukan swasembada pangan ini dengan meningkatnya produksi telur dari kelompok peternak yang ada di Morotai sehingga diharapkan masyarakat perlu mendukung program ini," tuturnya

Bupati Benny juga menambahkan terkait gerakan penanaman serentak ini, masyarakat harap mendukung gerakan ini, agar nantinya hasil dari tanaman buah tersebut dapat diambil hasilnya di kemudian hari.

Tepat Pukul 17.35 WIT, gerakan tanam tanaman buah bersama secara simbolik dimulai oleh Bupati Morotai, Dandim 1508 Tobelo, Kakanwil Kemenkumham Malut, Ketua DPRD Morotai, Danlanud dan Kepala Kantor Kemenag Morotai.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 150 orang. Selain masyarakat Desa Totodoku, Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Kakanwil Kemenkumham Malut Ramli, Dandim 1508/Tobelo Raimond L.M. Sitanggang, Mewakili Danlanud Leo Wattimena Letda Andi, Mewakili Danalanal Morotai Lettu Laut Ismed, Kapolres Morotai Mikael P. Sitanggang, Ketua DPRD Morotai Fahri Haerudin, Kepala Kantor Kemenag Morotai, M Qubais Baba, Kabankesbangpol Morotai Lauhin Goraahe, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Morotai M. Rizal Ismail, Kabag Pemerintahan Sunardi Barakati, Kabag Protokuler Abdul Karim, Kabag Humas Arafik A Rahman, Camat Morotai Selatan Darmin Djaguna dan Para Purna Paskibraka. (LILO)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.