Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Mahasiswa FISIPOL UNIPAS Morotai Gelar PAJ, PAF dan Penghijauan di Pulau Kolorai dan Dodola

Mahasiswa FISIPOL UNIPAS gelar Pengenalan Alam Jurusan dan Pengenalan Alam Fakultas serta Penghijauan di Pulau Kolorai dan Dolola, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Minggu (22/9). Foto : Halil.
MOROTAI – Guna lebih mengenalkan mahasiswa terhadap alam sekitarnya, mahasiswa Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Universitas Pasifik (UNIPAS) Morotai menggelar Pengenalan Alam Jurusan (PAJ) dan Pengenalan Alam Fakultas (PAF) serta Penghijauan yang bertajuk “Melestarikan Alam; Menjaga Keberlangsungan Ekosistem”.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pulau Wisata Kolorai dan Pulau Dodola, Minggu 22 September 2019.

Kegiatan PAJ dan PAF merupakan tradisi tahunan bagi mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu UNIPAS Morotai. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatannya senantiasa dalam bentuk edukatif sesuai dengan prinsip-prinsip akademik, khususnya di jurusan/program studi maupun fakultas.

Hal tersebut diungkapkan dosen pendamping keiatan tersebut Saiful Sumai. Ia menambahkan, pelaksanakan pengenalan alam jurusan dan fakultas tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“PAJ dan PAF bagi mahasiswa FISIPOL UNIPAS Morotai angkatan VII Tahun Akademik 2019/2020, memiliki pola yang ‘sedikit berbeda’ dari tahun-tahun sebelumnya. Di samping menanamkan prinsip-prinsip akademik, etika dan moral, juga dirangkaikan dengan kegiatan pengabdian masyarakat seperti penghijauan (penanaman pohon ketapang,-red) di Pulau Kolorai dan bhakti sosial di Pulau Dodola yang oleh panitia dirumuskan dalam sebuah tema: ;Melestarikan Alam; Menjaga Keberlangsungan Ekosistem'," papar dosen yang akrab disapa Abang Ipul tersebut

Lebih lanjut Ipul menjelaskan, bahwa pergeseran pola kegiatan karena pada prinsipnya sebagai respon terhadap tatalaku manusia yang pasif dalam melestarikan lingkungan atau alam, juga terhadap perubahan alam yang lambat laun mengancam keberlangsungan hidup ekosistem terutama di pulau-pulau di Kabupaten Pulau Morotai.

Disebutkannya, kesadaran melestarikan alam dengan melakukan penghijauan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasifik (UNIPAS) Morotai, bertumpuh dari sebuah kesadaran murni baik civitas akademik khususnya di fakultas/prodi tersebut maupun oleh mahasiswa.

Ia juga menandaskan, kegiatan untuk menyelamatkan dan melesatarikan alam merupakan tanggung jawab semua pihak, terutama mahasiswa UNIPAS Morotai. Hal ini senantiasa digelorakan agar mereka peduli dan mau aktif berperan dalam menjaga lingkungan di Kabupaten Kepulauan Morotai.

“Penghijauan dan Bhakti Sosial dalam rangkaian kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat peran serta mahasiswa UNIPAS Morotai dalam mendorong dan mengawal upaya pelestarian tempat hidup atau permukiman masyarakat dan ekosistem lainnya," ujarnya.

Selain itu, lanjut Bang Ipul, untuk mendorong partisipasi masyarakat Morotai dalam program-program penghijauan, pemeliharaan dan pelestarian alam secara umum, kegiatan itu juga dimaksudkan sebagai media sosialisasi tentang pentingnya menjaga maupun melestarikan alam untuk keberlangsungan hidup manusia dan ekosistem lannya.(LIL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.