Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Pemkab Pulau Morotai Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Pengadilan Negeri Morotai

Rombongan Pemkab Morotai dan PT Maluku Utara melihat lahan yang nantinya akan dibangun Pengadilan Negeri Morotai, Jumat (20/9). Foto : Halil
MOROTAI- Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai (PKPM) dan Pengadilan Tinggi Maluku Utara (PNMU) melaksanakan rapat terkait penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) penyerahan lahan yang diperuntukkan untuk pembangunan Pengadilan Negeri Morotai.

Kegiatan tersebut bertempat di Kediaman Bupati di Desa Yayasan Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Jum'at siang, 20 September 2019

Hadir dalam giat tersebut Bupati Pulau Morotai Benny Laos, Ketua DPRD Fahri Hairudin, Sekda Pulau Morotai Muhammad M. Kharie, Dandim Persiapan Mayor Kav Calter Purba dan Wakil Kepala Pengadilan Tinggi MalukuUtara Edmil Masayu SH. MH.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemkab Pulau Morotai dengan PT Maluku Utata Jumat (20/9) di Pemkab Morotai. Foto : Halil.
Turut hadir, Asisten I Setda Muchlis Baay, Asisten II Rina Ishak, Asisten III Ida Arsad, Staf Ahli Bupati Nurhasana Sidi Umar, Kepala PN Tobelo Martha Maitimu SH, Wakil Pengadilan Negeri (PN) Tobelo I Gusti Ngurah Putu Rama wijaya SH. MH, Kabag Pemerintahan Sunardi Barakati, KabaKg Kesbangpol Lauhiin, Kabag Hukum, Kabag Protokuler dan rombongan PN Tobelo sebanyak 10 orang.

Pada kesempatan pertama Bupati Benny Laos menyampaikan, bahwa kehadiran Pengadilan Negeri di Kabupaten Pulau Morotai sangat dibutuhkan. Karena, selama ini pengadilan tindak pidana yang terjadi di Pulau Morotai harus disidang di Tobelo.

"Hal ini sangat memberatkan, sebab banyak membutuhkan biaya dan secara tidak langsung memberatkan Pemda Morotai, pihak Kejaksaan dan Kepolisian Pulau Morotai," ungkapnya.

Lebih lanjut diutarakan Benny, selama ini dalam setiap penanganan kasus dalam hal pemanggilan saksi sangat sulit, karena harus pergi ke Tobelo. Namun, hari ini kita atasi kendala itu sehingga kedepannya persidangan sudah dilakukan di Morotai.

"Mari sama-sama kita kawal penyerahan NPHD dan pembangunan yang diharapkan Tahun 2020 Pengadilan Negeri Morotai dapat segera dibangun," tegasnya.

Sementara Wakil PN Maluku Utara Edmil Masayu SH. MH, menyampaikan,  Pengadilan Negeri Maluku Utara (PNMU) akan segera memproses NPHD ini ke Pemerintah Pusat. Hingga keluar Surat Perintah dari Presiden dan Kementerian.

"Sehingga proses pembangunan PN Morotai segera dilaksanakan," janjinya.

Giat tersebut diahiri dengan Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Bupati Kabupaten Pulau Morotai Benny Laos dan Pengadilan Negeri Maluku Utara Edmil Masayu SH. MH. Serta ditutup dengan foto bersama. (LIL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.