Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Segera, Calya dan Sigra akan Berganti Wajah

Toyota Calya lama dan facelift. Foto : Istirahat.
JAKARTA - Si kembar beda perusahaan, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, akan berubah wajah. Desas-desusnya pun kian santer. Di jagat maya sudah muncul wajahnya, meskipun belum secara keseluruhan.

Si kembar, mobil yang masuk skema LCGC (Low Cost Green Car) ini sudah tiga tahun mengaspal di Indonesia, dan belum memperoleh penyegaran. Hanya tahun lalu ada edisi custom dengan tambahan minor saja dan diproduksi terbatas saja.

Dari foto yang beredar di dunia maya, baik Calya maupun Sigra terlihat sedikit berbeda dari depan maupun belakang. Perwajahan depan Calya mirip dengan sang kakak, Avanza Veloz, yang memiliki tatakan lampu kabut yang melancip ke atas. Tak hanya itu, grill depan juga berubah dengan pemisah antara grill atas dan bawah.

Bagian belakang Calya facelift 
Bila edisi sebelumnya Calya cenderung menggunakan warna crome, di edisi facelift nanti dominasi hitam piano terlihat sebagaimana sang kakak, Veloz.

Namun, ada yang menurut penulis kurang diserap dipandang di bagian belakang. List pemanis di bawah lampu belakang kelihatan dipaksakan. Terlampau panjang. Untuk warna juga hitam, berkesan maskulin berkarakter.

Sementara itu, untuk lampu depan, sepertinya edisi facelift akan menggunakan DRL seperti halnya si kembar hatback Agya-Ayla.

Daihatsu Sigra pun terlihat mirip sang kakak, Xenia. Foglamp bentuknya mirip dengan Xenia. Berbentuk seperti segitiga. Grill juga dipisah antara atas dan bawah seperti Calya. Lampu depan juga sama dengan Calya yang mengadopsi lampu Agya-Ayla.

Unit baru Calya dan Sigra sepertinya sudah dikirimkan ke dealer-dealer. Namun, baik Toyota maupun Daihatsu belum mengungkap kapan resmi peluncurannya.

Diperkirakan harganya tak mengalami perubahan. Strategi ini juga dipakai saat Avanza dan Xenia diluncurkan. Harganya sama.

Toyota dan Daihatsu sepertinya ingin menghadapi tantangan dari Renault Trainer yang dikatakan harganya sama dengan mobil milik mereka itu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.