Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Tahun 2022, Morotai Ditargetkan Swasemda Buah

M.Rizal Ismail, S.P., M.Si Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Pulau Morotai. Foto : Halil
Morotai - Perintah Kabupaten Morotai bekerjasama dengan Kodim 1508 Tobelo meluncurkan Gerakan Menanam Buah. Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke 74.

Pencanangan gerkan itu dipusatkan di Desa Totodoku, Kecamatan Morotai Selatan, pada Rabu (25/9).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pulau Morotai M. Rizal Ismail, S.P., M.Si pada kesempatan itu menyampaikan, kegitan yang dilaksanakan hari ini merupakan kelanjutan dari Program Gerakan Menanam Buah yang sebelumnya telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai pada 27 Juni 2019 di Sabatai Baru.

Gerakan menanam buah itu juga merupakan wujud dari Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai untuk meningkatkan produksi buah di sana. Sebelumnya, beberapa institusi telah menanam buah.

Penanaman buah itu dilakukan oleh Pangkalan Laut Morotai, Pangkalan Angkatan Udara Morotai, Polres Morotai, Polsek Morotai Selatan, dan Kantor Camat Morotai Selatan.

Rizal mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam Gerakan Menanam Buah.

"Saya berharap di tahun-tahun mendatang, Gerakan Menanam Buah dapat dilaksanakan oleh lembaga pendidikan (sekolah), lembaga keagamaan, organisasi masyarakat, OKP, kecamatan hingga desa. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan mendukung untuk menyediakan bibit buah. Penanaman dan pemeliharaan dilakukan oleh institusi tersebut di lahan kantor atau kebun miliknya," papar Rizal.


  • Rizal menambahkan, sebagai daerah yang masuk dalam wilayah prioritas strategi nasional, kawasan perbatasan antar negara, daerah tertinggal, kawasan perdesaan prioritas nasional, kawasan ekonomi khusus, sentra perikanan terpadu, dan kawasan strategi pariwisata nasional, maka daerah ini memiliki ancaman dan peluang untuk berkembang dalam setiap aspek pembangunan.


Oleh karena itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menargetkan tahun 2022 swasembada buah.

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2028 tentang Pengembangan Kawasan Hortikultura Buah-buahan, sebagai produk unggulan daerah Kabupaten Pulau Morotai.

"Kami sangat optimis melalui berbagai kebijakan,regulasi dan program bidang pertanian, yang diprioritaskan oleh Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati, Morotai akan menjadi daerah yang memiliki masa depan yang bagus di bidang pertanian. Di satu sisi, kita memiliki potensi lahan yang cukup besar dan potensi pasar yang membutuhkan produk pertanian dan pengolahan hasil pertanian di Maluku Utara juga sangat besar," paparnya.

Komoditas buah yang ditanam dalam Gerakan Menanam Buah Serempak ini jumlahnya 4.500 bibit. Komoditas sejumlah ini terdiri dari buah jeruk 3.000 bibit, buah mangga 1.250 bibit dan buah nangka sebanyak 250 bibit.

Dalam tahun 2019 ini, Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan sudah menan 10.000 bibit buah-buahan termasuk bibit buah. Bibit nanas ini merupakan gerakan serupa pada 27 Juni 2019 lalu.

Sementara itu, untuk Desa yang ditanamin buah-buahan dalam gerakan itu adalah : Desa Joubela,  Totodolu, Sambiki Baru, Ssmbiki, Gamlamo, Sangiwo Barat, Sangowo, Sangowo Timur, Rahmat, Mira, Doku Mira, Wewem, Gosoma Maluku, Hino,  Buho-Buho,  Sesali Jaya,  Bobula dan Desa Wayabula.  Lokasi penanaman dihalaman rumah masih-masing.

Melalui pola pemanfaat pekarangan ini, maka ditegaskan penanaman dan pemeliharaan menjadi tanggung jawab masing-masing.

Sementara itu anggaran bibitnya berasal dari APBD Kabupaten Pulau Morotai dan APBD Tugas Pembantuan Dinas Pertanian Maluku Utara.

"Kami berharap dukungan dan kerjasama seluruh stakeholders yang hadir saat ini. Kita tingkatkan pertanian di Morotai ke arah yang lebih baik lagi," ujar Rizal.

Rizal juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama masyarakat Desa Totodoku dan Joubela yang sudah bekerjasama menyukseskan program itu. Rizal juga mengucapkan terima kasih kepada penyuluh dan staf dinas yang telah berupaya selama ini.

Pada akhir penyampaiannya M. Rizal mengutip kata bijak Jenderal Sudirman, "Tak Ada yang Lebih Kuat dari Kelembutan, Tak Ada yang lebih lembut dari kekuatan yang tenang."

Ia juga berharap agar kerjasama antara Kodim 1508 Tobelo dan Kelompok Petanian dan Kelompok Petani mengatakan kerjasama tersebut akan menjadi kekuatan yang tenang untuk mewujudkan swasembada beras, telur, sayur dan buah pada tahun 2022 di Kabupaten Pulau Morotai.(LIL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.