Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Tak Lagi Menjabat, Fahri Hamzah Terima Uang Pensiun dan Tabungan Hari Tua

Pelepasan anggota DPR RI periode 2014-2019 diwakili oleh Fahri Hamzah. Foto : Kompas
JAKARTA - Senin, 30 September 2019, merupakan hari terakhir bagi Fahri Hamzah berkantor di DPR RI. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah itu akan mengakhiri masa jabatannya.

Setelah tak menjabat sebagai anggota legislatif, Fahri akan menerima uang pensiun setiap bulannya. Tak hanya itu, dia juga akan mendapatkan Tabungan Hari Tua (THT).

Uang pensiun yang akan didapatkan Fahri begitu tak lagi jadi anggota DPR adalah sebesar Rp3,8 juta per bulan bagi anggota DPRD yang menjabat 2 periode atau lebih. Bila satu periode, uang pensiunnya sebesar Rp.3,2 juta per bulannya.

Hal itu diutarakan Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Lantaro pada saat menyerahkan secara simbolik hak-hak anggota DPR RI yang purna tugas itu pada Senin (30/9) di Jakarta.

Iqbal Lantaro mengatakan, uang pensiun yang didapatkan para anggota DPR tergantung lama waktu jabatannya. "Kalau dia dua periode jadinya Rp 3,8 juta. Kalau yang satu periode Rp 3,2 juta," ujar Iqbal di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Fahri sendiri diketahui telah menjabat sebagai anggota DPR RI selama 15 tahun atau tiga periode. Menurut Iqbal, uang pensiun yang didapatkan Fahri sama dengan anggota DPR RI yang menjabat selama dua periode. "(Kalau lebih dua periode) tetap Rp 3,8 juta," kata Iqbal.

Iqbal menuturkan, uang pensiun tersebut akan dinikmati anggota DPR hingga tutup usia. "Per bulan sampai beliau tidak ada, meninggal. Kalau ada istrinya dilanjutkan ke istrinya," ucap dia.

Sebelumnya, PT Taspen (Persero) memberikan uang pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) kepada anggota DPR dan DPD yang tak lagi menjabat di periode 2019-2024.

Adapun nominal THT yang diberikan kepada 556 anggota DPR RI sebanyak Rp 6.218.539.600. Sedangkan untuk anggota DPD RI yang berjumlah 116 orang sebanyak Rp 1.360.705.200.

Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro mengatakan, untuk dana THT tiap anggota DPR dan DPD hanya satu kali mendapatkannya. Sementara uang pensiun, akan diberikan dalam tiap bulannya. Besaran uang pensiun tergantung lama masa jabatannya. "Untuk anggota DPR satu periode uang pensiunnya Rp 3,2 juta. Uang THT-nya sekitar Rp 15 juta," ujar Iqbal di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (30/9).(Rep3/KMP)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.