Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Bupati Hendrata Thes Berhasil Dorong Budaya Kepsul Menjadi Warisan Budaya Nasional

Tim Penari Laka Baka Kepsul yang tampil di istora Senayan Jakarta. Foto : Humas.
SANANA - Baru kurang lebih empat tahun menahkodai Kabupaten Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Bupati Hendrata Thes telah berhasil membawa nama Kepsul lebih dikenal di kancah nasional bahkan sudah mendunia.

Berbagai strategi diterapkan oleh Hendrata Thes untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Kepulauan Sula. Semua bidang dipercepat pembangunannya, tak terkecuali sektor budaya.

Hendrata Thes disebut-sebut tokoh yang terus mendorong agar empat Warisan Budaya Sula ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Republik Indonesia.

Hendrata Thes.
Keempat budaya tersebut adalah, adat Pernikahan (Mata Pia Bakai), Tarian Laka Baka, Tarian Belayai dan Kuliner Halua Kenari yang oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dinobatkan sebagai WBTB.

Tak hanya empat Warisan Budaya itu, Batik lokal Sula dengan motif Wansosa (Lebah) juga telah melaju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Maluku Utara. Batik Sula dengan motif Wansosa itu akan menjadi Sponsorship pada malam final Wajah Indonesia Wonderfull of Asia 2019 pada tanggal 20 Oktober yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata. Melalui Batik lokal Sula dengan motif Wansosa (Lebah) membuat Andy F Noya mengundang Bupati Hendrata Thes di acara Kick Andy di Metro TV.

Menurut Bupati Hendrata Thes, ini merupakan langkah awal memeperkenalkan budaya kita secara Nasional, dan masih banyak budaya kita yang harus didorong untuk menjadi Warisan Budaya Nasional.

"Dengan ditetapkan warisan budaya kita menjadi Warisan Budaya Nasional maka saya berharap dapat memberikan manfaat dan memberikan kemajuan terhadap daerah kita khususnya dalam dunia pariwisata dan kebudayaan kita ke depan," pungkas Hendrata Thes. (EDL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.