Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

DANLANAL Morotai Pimpin Penanaman Mangrove dan Pecahkan Rekor MURI

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr.Hanla.,M.M. memimpin langsung penanaman mangrov di desa Daruba Morotai. Foto : Halil
MOROTAI - Senin (7/10), di Desa Daruba Pantai, Morotai, diselenggarakan penanaman pohon mangrove sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT TNI ke-74.  Penanaman ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Ada sekitar 300.074 pohon mangrove yang ditanam dan akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kegiatan yang bertajuk, "Mari Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita" itu dipimpin oleh Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, SE, M.Tr.Hanla, MM. Adapun pantai yag ditanami pohon mangrove di Desa Daruba Pantai, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai itu memiliki luas lahan pantai sebesar 2 hektar.

Kegiatan itu selain diikuti oleh unsur TNI - Polri juga melibatkan jajaran Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Jalasenastri Lanal Morotai, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Pesisir Binaan Lanal Morotai.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr.Hanla.,M.M. menyampaikan, Lanal Morotai menanam 2.150 pohon mangrove jenis Arcivenna secara serentak, kegiatan tersebut merupakan program TNI AL di seluruh Indonesia dalam rangka pemecahan rekor MURI.

2.150 pohon mangrove jenis Arcivenna ditanam di Desa Daruba Pantai, Morotai Selatan, Morotai. Foto : Halil
Letkol Laut (P) Kariady Bangun juga membacakan sambutan Panglima TNI (Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, S.I.P yang menyampaikan bahwa penanaman mangrove serentak di 74 Satuan TNI AL, dipusatkan di Pantai Indah Kapuk Jakarta, kegiatan tersebut sangat mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau.

Menurut Panglima TNI dalam sambutannya, para nelayan dan penduduk pesisir pantailah yang dapat mengetahui perbedaan ada dan tidaknya hutan Mangrove. Ia mengatakan, memang yang kita tanam sekarang, butuh waktu dalam merasakan manfaatnya salah satunya yaitu melindungi garis pantai dari abrasi, semoga langkah kita untuk membangun hutan mangrove yang sehat dan kuat untuk kesejahteraan anak cucu kemudian hari.

"Saya ucapkan terimakasih kepada bapak KASAL beserta jajaran TNI, jajaran Polri, Pemda dan seluruh pihak yang mendukung dan menunjukan persatuan dan kesatuan bangsa, serta penghargaan kepada TNI AL yang peduli terhadap lingkungan Maritim yang sudah menujukan Pembinaan Potensi Maritim dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Laut Semakin Kuat," demikian bunyi sambutan Panglima TNI yang dibacakan Letkol Laut (P) Kariady Bangun.

Penanaman Mangrove serentak ditutup dengan kegiatan Foto bersama dan komitmen oleh setiap unsur beserta masyarakat untuk merawat mangrove supaya tetap terjaga dan terpelihara serta dapat bermanfaat bagi lingkungan dan ekosistem di Kabupaten Pulau Morotai. (LIL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.