Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

DKP Morotai Salurkan Bantuan Armada Tangkap Tuna ke Nelayan

Kepala DKP Morotai Suriani Antarani, SE. Foto : Halil.
MOROTAI - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara tidak henti-hentinya terus berupaya meningkatkan produksi ekspor SKPT dengan menggenjot hasil tangkapan ikan tuna para nelayan Morotai, dengan menyalurkan tambahan bantuan armada tangkap tuna bagi anggota koperasi nelayan atau nelayan di Pulau Morotai.

"Hari ini, DKP Pulau Morotai menambah armada tangkap ikan tuna berukuran 1,5 - 3 GT bagi para nelayan sebanyak 18 unit dilengkapi dengan mesin dan alat tangkap, yang diserahkan langsung oleh Bupati Benny Laos," Ujar Kadis DKP Kabupaten Pulau Morotai, Suriani Antarani, S.E, saat di wawancara di lokasi penyerahan bantuan, Desa Sangowo Timur, Rabu sore, 16 Oktober 2019

Lanjut Kadis enerjik dan berprestasi ini, selain bantuan armada tangkap, Pemda Morotai melalui DKP juga menyerahkan bantuan pembayaran klaim asuransi nelayan kepada nelayan yang meninggal sebanyak 4 orang, masing masing menerima bantuan sebesar Rp. 20.000.000.

Antarani mengatakan DKP Pulau Morotai tahun 2019 mendapatkan DAK sebesar Rp 2 miliar lebih yang diperuntukkan untuk penambahan armada tangkap dengan ukuran 1,5 - 3 GT.

"Dalam Rancangan Anggaran Kegiatan DKP tahun ini yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 untuk pengadaan Arnada tangkap ukuran 1,5 - 3 gross ton (GT), sebanyak 18 unit yang diserahkan hari ini," paparnya

Untuk itu, dirinya berharap kepada seluruh nelayan penerima bantuan armada tuna agar terus tingkatkan produktifitas tangkap.

"Ayo nelayan rajin melaut karena hari ini kita sudah punya SKPT yang siap membeli ikan tuna dengan harga kompetitif. Selain itu, Morotai sudah di kenal dengan ekspor ikan keluar negeri yaitu Negara Vietnam, sehingga di pundak nelayan kami berharap tanggung jawab ini dapat dijalankan dengan baik agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, meningkatkan PAD dan Devisa Negara," harapnya

Disebutkan, pada bulan depan DKP Morotai juga akan menerima bantuan armada tuna sebanyak 20 unit dari DKP Provinsi Maluku Utara yang diperuntukkan kepada nelayan Morotai.

Selain itu, ada juga bantuan dari KKP melalui SKPT Morotai bantuan armada tuna sebanyak 85 unit untuk dibagikan kepada 83 Koperasi Nelayan di Kabupaten Pulau Morotai dan melalui dana pendampingan desa, melalui desa kolorai dibuat sebanyak 30 unit armada tangkap ikan tuna.

"Sehingga total bantuan pemerintah untuk nelayan tangkap ikan tuna di Morotai sebanyak 153 armada pada tahun 2019." Terangnya

Kepala DKP yang dikenal berkinerja baik ini menegaskan, bahwa pemberian bantuan ini merupakan pemberdayaan nelayan kecil, juga mampu menempatkan nelayan kecil sebagai subyek pemanfaatan sumber daya ikan dan kelautan yang produktif dan bertanggung jawab.

Dikatakan, dengan perhatian dan bantuan yang di berikan pemerintah terhadap nelayan kita, Telah memampukan nelayan kecil menjadi mitra pemerintah yang berdaya.

"Juga menempatkan nelayan sebagai bagian dari perbaikan rezim pengelolaan perikanan, meningkatkan kontribusi nelayan kecil, serta menjadikan nelayan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam penyempurnaan tata kelola perikanan untuk peningkatan PAD Kabupaten Pulau Morotai dan kesejahteraan nelayan itu sendiri." Ucapnya. (HALIL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.