Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Hari Ini "Pengenalan" Calon Menteri Berlanjut, Sudah 23 Nama

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo juga ikut diundang ke Istana Negara Senin (21/10). Foto : Tempo
JAKARTA - Hari kedua paska dilantik, Selasa (22/10), Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih memanggil beberapa tokoh ke Istana Negara Jakarta.

Setelah hari pertama kemarin ada yang membuat terperangah banyak pihak, yakni pemanggilan mantan rivalnya di Pemilihan Presiden dua periode, yakni Prabowo Subianto, pada hari kedua ini masih belum ada hal yang mengejutkan.

Pihak yang datang ke Istana Negara berbaju putih adalah Wakil Bendahara PDI Perjuangan Juliari P. Batubara. Ia sebelumnya dikaitkan dengan posisi Menteri Sosial lantaran pertemuannya di sebuah hotel dengan Menteri Sosial Kabinet Kerja Jilid I, Agus Gumiwang.

Saat ke Istana Negara, Juliari mengatakan dirinya diberikan tugas untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan penanganan bencana alam. 

Selasa (22/10) pagi juga datang Agus Gumiwang. Ia datang sebelum Juliari P. Batubara. Agus disebut-sebut akan menduduki pos kementerian baru, kementerian perindustrian.

Pagi tadi juga hadir Sri Mulyani yang juga akan mengisi posisi sama sebagai menteri keuangan. Posisi menteri yang sepertinya tidak bergeser lagi adalah menteri kehutanan dan lingkungan hidup. Jokowi rupanya masih mempercayakan kepada kader Partai Nasdem Siti Nurbaya Bakar.

Sementara itu, kader Nasdem lain yang dipanggil ke Istana Negara adalah Syahrul Yasin Limpo. Ia mengaku diajak berdiskusi soal pertanian.

Lalu, ada Suharso Monoarfa, Ketua Umum PPP, dipanggil ke Istana Negara. Disebut-sebut dia juga akan menduduki posisi kementerian yang berkaitan dengan ekonomi.

Posisi menteri yang diperkirakan tidak berubah lagi adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ya, sosok Basuki Hadimulyono akan dipercaya lagi untuk memimpinnya. Ia akan mendapat tugas berat yakni memindahkan ibu kota. 

Kemudian, akhirnya ada juga kader PKB yang merapat ke istana hari ini. Ia adalah Ida Fauziah, salah satu anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Figur lain yang dipanggil ke Istana Negara hari ini adalah Bahlil Lahadalia, Ketua Umum HIPMI. Ia sebelumnya juga digadang Jokowi saat acara HIPMI. Bahlil juga merupakan anggota TKN Jokowi-Ma'ruf.

Setelah itu ada abang kandung dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandan, Abdul Halim Iskandar juga dipanggil ke Istana Negara Selasa (22/10) siang ini.

Hingga siang ini, berikut nama-nama yang sudah dipanggi Jokowi ke Istana Negara.
1. Mahfud Md
2. Nadiem Makarim
3. Christiany Eugenia Tetty Paruntu (bukan calon menteri)
4. Wishnutama
5. Erick Thohir
6. Tito Karnavian
7. Airlangga Hartarto
8. Pratikno
9. Fadjroel Rachman
10. Nico Harjanto
11. Prabowo Subianto
12. Edhy Prabowo
13. Sri Mulyani
14. Syahrul Yasin Limpo
15. Agus Gumiwang Kartasasmita
16. Juliari Batubara
17. Siti Nurbaya Bakar
18. Suharso Monoarfa
19. Basuki Hadimuljono
20. Fachrul Razi
21. Ida Fauziah
22. Bahlil Lahadalia
23. Abdul Halim Iskandar

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.