Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Morotai Dapat Dana BOS Afirmasi dan Kinerja Rp3,2 miliar

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Morotai, Ujang Bagindo, S.Pd.I. Foto : Halil
MOROTAI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Pulau Morotai pada tahun 2019 ini mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja sebesar 3,2 Milyar Rupiah dari Kemendikbud RI yang diperuntukkan bagi 26 sekolah. Sekolah yang mendapatkannya itu mulai SD, SMP dan SMA di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pulau Morotai, Ujang Bagindo, S.Pd.I saat dikonfirmasi Kamis (3/10) siang.

"Iya benar Dinas Dikbud menerima dana BOS Afirmasi dan Kinerja sebesar 3,2 Milyar," ungkapnya.

Ia menjelaskan, BOS Afirmasi sesuai Permendikbud Nomor 31 tahun 2019 adalah program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal, sangat tertinggal di kawasan 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Dana ini sebagai tambahan bagi pembiayaan pendidikan selain dari BOS Reguler yang sudah berjalan, karena jika dilihat selama ini BOS Reguler tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah selama satu tahun," terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sementara dana BOS Kinerja adalah program Pemerintah Pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang dinilai berkinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan, sekaligus sebagai stimulus bagi sekolah lainnya untuk mendorong mutu layanan pendidikan.

"BOS Kinerja diberikan ke sekolah yang memang performancenya lebih baik selama dua tahun terakhir, indikator dasar yang digunakan sementara ini adalah rapor mutu sekolah yaitu bisa dilihat adanya kenaikan rata-rata nilai UN selama 2 tahun dan indeks kinerja daerah," paparnya.

Selain itu, ungkap Ujang, biaya satuan dana BOS Afirmasi yang diberikan Pemerintah pada siswa kelas 6 SD, 7 SMP, dan 10 SMA. Dana BOS Kinerja diberikan ke sekolah yang betul-betul dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

"Kedua dana ini juga direncanakan untuk dibelanjakan berupa tablet dan peralatan TIK sebagai aset sekolah, untuk menunjang akses Rumah Belajar," ujarnya.

Ia menambahkan, persyaratan sekolah yang mendapatkan BOS Afirmasi dan BOS Kinerja adalah Sekolah Negeri yang menerima BOS Reguler, mengisi Dapodik tiga semester terakhir, jumlah siswa benar, mempunyai sumber listrik dan internet dan sesuai dengan kriteria sekolah yang sudah di tentukan.

Perlu di ketahui, Adapun syarat dan kriteria untuk mendapatkan BOS Afirmasi dan Kinerja sebagai berikut :

1. Sekolah negeri aktif,
2. Menerima BOS regular,
3. Mengisi dapodik tiga    semester terakhir ,
4. Daerah 3T,
5. Mempunyai sumber listrik dan internet.

Jenis Bos Kinerja :
1. Sekokah negeri aktif,
2. Mengisi dapodik 3 semester terakhir,
3. Penerima BOS regular dan tahun terkahir,
4. Memiliki jumlah siswa paling sedikit 60 untuk SD , 90 SMP, 180 untuk SMA/SMK. (LIL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.