Header Ads

http://www.ipctpk.co.id/

Satpol PP DKI Pastikan Malam Tahun Baru Steril PKL


JAKARTA-Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta memastikan perayaan malam tahun baru di Bundaran Hotel Indonesia steril dari pedagang kaki lima (PKL). Sedikitnya, ada 1150 petugas Satpol PP DKI Jakarta yang dikerahkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Untuk zona merah, trotoar dan badan jalan harus steril dari PKL. Kita sudah bisa berhasil menyuguhkan car free day yang lebih tertib. Itu semua kerja keras satpol PP. Satpol PP setiap jam 4 pagi sudah siap di lapangan," ujar Arifin saat Apel Siaga di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (31/13).

Terlebih, katanya, dalam perayaan malam tahun baru nanti, sepanjang jalan Sudirman-Thamrin diberlakukan car free night. Hal ini menjadi tantangan Satpol-PP karena jumlah massa yang hadir pada malam nanti jauh lebih banyak dibanding car free day biasanya.

"Sekarang car free night, ini tantangan baru buat kita. Apa yang kita wujudkan di car free day harus diwujudkan juga di sini. Lalu zona kuning juga harus diatur. Mulai dari Sarinah hingga Patung Kuda dan Dukuh Atas hingga Bundaran Senayan, dipastikan tidak ada PKL di badan jalan. Hanya di trotoar yang diperbolehkan," katanya.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya mendirikan 44 posko di acara Car Free Night (CFN) hari ini di sepanjang kawasan Jalan Sudirman-Jalam MH Thamrin. Posko tersebut berfungsi menerima informasi dan aduan untuk membantu masyarakat dalam merayakan pergantian tahun. Posko tersebut akan berada di sekitar panggung-panggung hiburan mulai dari Pintu Barat Daya Monas hingga Spot Budaya 2 Dukuh Atas.

"Kami memperkirakan malam nanti banyak warga yang akan merayakan Tahun Baru di kawasan Sudirman-Thamrin sekaligus menyaksikan atraksi hiburan. Padatnya pengunjung bisa saja menyebabkan ada anak terpisah dari orang tua, atau kejadian lainnya," kata Arifin

Nantinya, personel Satpol PP tersebut akan disebar di lokasi-lokasi keramaian, khususnya panggung-panggung hiburan di sepanjang kawasan Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, termasuk di Bundaran HI. Pihaknya akan bekerja sama dengan TNI/Polri untuk membantu kelancaran perayaan malam tahun baru.

Menurutnya, ruas jalan berkaitan pelaksanaan CFN lebih panjang dari Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Daya. Sebab, penutupan ruas jalan tidak hanya berlaku di Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin, tapi berlaku juga di Jalan Majapahit, Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Nantinya, personel kami juga akan dikerahkan di ruas-ruas jalan itu. Ada juga di kawasan Balai Kota DKI Jakarta karena akan berlangsung acara nikah massal dan panggung hiburan," ungkapnya.

Ia menambahkan, pada pelaksanaan CFN pola pengaturan pedagang akan diterapkan dengan sistem zona hijau, kuning, dan merah sebagaimana saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). "Ketertiban ini akan kita jaga untuk memberikan kenyamanan bersama," tandasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.