Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Antisipasi Virus Covid-19, Kodim 1510/Sanana Sosialisasi ke Masyarakat Kepsul

Tim Gugus Tugas melakukan pemeriksaan Suhu Badan Penumpang Kapal KM.Alsudais di Pelabuhan Sanana. Foto : Ekhy/Dok.Humas Kodim 1510/Sanana
Sanana - Wabah Virus Corona (Covid-19) menjadi perhatian seluruh instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul). Tak hanya itu,  TNI dan Polri juga begitu konsen terhadap pandemi itu.

Kodim 1510/Sanana bergabung dalam Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 yang terdiri dari TNI/Polri, Pemda Kepsul dalam hal ini Dinas Kesehatan, RSU Sanana, Dinas Perhubungan, Syahbandar Sanana dan pihak Bandara Emalamo Sanana serta instansi terkait lainnya. Tim Gugus Tugas itu pada Kamis (19/03/2020) melaksanakan pemeriksaan screening di pintu masuk Pelabuhan Sanana dan pintu masuk Bandar Udara Emalamo Sanana.

Proses screening terlihat di Pelabuhan Sanana. Semua penumpang Kapal KM.Alsudais yang baru turun, di dermaga dilakukan pemeriksaan. Semua penumpang mendapat pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat alat thermometer laser. Hal yang sama juga dilaksanakan di Bandara Emolamo Sanana.

Selain melakukan pemeriksaan di gerbang masuk Pelabuhan dan Bandara, tim Gugus Tugas juga telah mendirikan posko Penanganan Covid- 19 di Puskesmas Desa Fagudu Kecamatan Sanana, namun sejauh ini berdasarkan hasil pemeriksaan belum ditemukan adanya orang yang terduga terjangkit virus Covid-19 tersebut.

Sementata itu, Dandim 1510/Sanana Letkol Inf Karona Susilo, S.I.P., dalam keterangannya menyampaikan, Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Virus Covid-19 telah dibentuk pada tanggal 15 Maret lalu dengan melibatkan seluruh instansi terkait.

"Usai rapat lintas sektoral kita menyiapkan sarana dan prasarana pendukung guna pencegahan termasuk melakukan screening di pintu masuk Pelabuhan Sanana dan Bandara Emolamo Sanana," papar Kol. Inf.  Karona Susilo,  S.I.P.

Kodim 1510/Sanana melalui Babinsa  di tugaskan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di desa-desa,sekolah dan kampus tentang Virus Corona Covid-19 serta pencegahannya maupun hal yang harus dilakukan jika terindikasi terkena virus Corona.

Menurut Dandim,meskipun hingga saat ini belum ditemukan adanya indikasi virus tersebut masuk ke wilayah Sula namun telah disiapkan antisipasi dan langkah-langkah emergency apabila dalam situasi terburuk virus tersebut masuk.

"Apabila ada yang diduga terjangkiti, segera kita lakukan penyekatan dan karantina oleh petugas yang berkompeten dengan peralatan yang memadai," tandanya. (Edl/Humas Kodim1510)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.