Cegah Covid-19, Pelindo 1 Terapkan Social Distancing di Layanan Publiknya
![]() |
Pelindo1 menerapkan protokol Covid-19 dalam layanan publik dan internal perusahaannya. Foto : Ist. |
Social Distancing adalah menjaga jarak antar individu minimal satu meter yang berada di ruang publik.
VP
Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami menerangkan bahwa Pelindo 1
telah menerapkan social distancing di area pelayanan publik seperti di
seluruh terminal penumpang serta area kantor Pelindo 1.
“Sesuai
dengan kebijakan pemerintah, Pelindo 1 menerapkan social distancing di
seluruh fasilitas publik yang berada di seluruh terminal penumpang yang
dikelola Pelindo 1 yang meliputii: menempelkan garis panduan jarak satu
meter pada saat pemeriksaan masuk ke area check in, antrean menuju gate
check in, antrean di garbarata, dan menempelkan tanda silang pada tempat
duduk yang berada di ruang tunggu untuk menjaga jarak duduk antar
penumpang,” terang Fiona Sari Utami.
Social
distancing ini tidak hanya diterapkan di area pelayanan publik saja,
namun juga diterapkan di area kantor dengan memasang garis batas berdiri
bagi masing-masing individu yang kemudian dihimbau untuk tidak saling
bertatap muka langsung atau menghadap ke dinding dan pintu lift serta
membatasi jumlah individu dalam lift tersebut.
Selain
itu, Pelindo 1 juga terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah
potensi penyebaran virus Corona yang meliputi: melakukan pemeriksaan
suhu tubuh di setiap terminal penumpang dan area kantor Pelindo 1,
menyediakan fasilitas untuk cuci tangan yang bisa digunakan oleh
masyarakat agar selalu menjaga kebersihan tangan, menempatkan sejumlah
hand sanitizer di area publik, melakukan penyemprotan disenfektan di
seluruh area, memasang poster informasi mengenai virus Corona dan
langkah-langkah pencegahannya.
Pelindo
1 juga terus memastikan keamanan dan kesehatan seluruh petugas terutama
yang berada di barisan depan dalam pelayanan operasional dengan
mewajibkan seluruh petugas untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD),
masker, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya. Hal ini bertujuan
untuk memberikan pelayanan prima demi kepentingan masyarakat.
Untuk
mendukung social distancing, Pelindo 1 juga menerapkan kebijakan Work
From Home (WFH) bagi pegawai yang memiliki riwayat jantung, Tuberculosis
(TBC) atau paru, diabetes akut, serta pegawai yang sedang hamil.
Pelindo 1 menghimbau pegawai untuk mengambil cuti apabila sakit,
menangguhkan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang terdampak
COVID-19, selektif dalam melakukan perjalanan dinas dalam negeri, dan
membatasi pertemuan-pertemuan yang bersifat melibatkan banyak orang,
seperti rapat, pelatihan, sharing session dan menggantikannya dengan
penggunaan video conference atau web seminar.
“Berbagai
upaya terus dilakukan oleh pelindo 1 untuk meminimalisir potensi
penularan virus Corona di area publik. Kami meghimbau seluruh
masyarakat untuk disiplin mengikuti himbauan ini agar dapat
meminimalisir potensi penyebaran Corona serta menjaga kenyamanan publik
di tengah kondisi pandemi seperti ini,” tutur Fiona Sari Utami. (Hj.Zulidarni Suratman)
Post a Comment