Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Gubernur Anies Sudah Kirim Surat untuk Lockdown Jakarta

Sejumlah daerah berinisiatif mandiri untuk mengkarantina wilayahnya. Bahkan sampai di desa ikut mengkarantina wilayahnya. Foto : Detik
Jakarta - Setelah sebelumnya berencana untuk mengkarantina (lockdown) wilayah Provinsi DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata telah mengirimkan surat untuk mohon izin melakukannya pada tanggal 28 Maret 2020 lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof. Dr. Mahfud M.D. Surat itu, kata Mahfud, tertanggal 28 Maret 2020 dan diterima pada tanggal 29 Maret 2020.

Ia membenarkan bahwa isi surat itu merupakan izin untuk memberlakukan karantina wilayah. "Isinya minta pertimbangan pemberlakuan karantina wilayah," tandas Mahfud.

Seperti diketahui sebelumnya, Anies Baswedan sebelumnya telah membahas karantina wilayah dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Pada saat itu pihaknya belum merinci mengenai kebijakan yang akan diambil soal karantina wilayah DKI Jakarta.

Ia waktu itu hanya menyampaikan bahwa Forkopimda sudah membahas kemungkinan karantina wilayah, termasuk parameternya. Namun, ia belum dapat mengumumkan karena belum final. Anies pun menandaskan akan mengumumkan bila sudah final.

Sebelumnya diinformasikan hari Senin (30/3/2020) ini akan diadakan Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju untuk membahas persoalan pandemi Covid-19 dan rencana karantina wilayah DKI Jakarta. Hingga tulisan ini diturunkan belum ada informasi mengenai keputusan pemerintah mengenai hal itu. (Red/AR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.