Header Ads

https://daihatsu.co.id/

27 Narapidana Rutan Soasio Dibebaskan

27 narapidana Rutan Soasio telah dibebaskan berdasarkan PermenhukHAM 10/2020. Foto : Sukadi. 
Tidore - Ditengah pandemi virus corona yang menyerang masyarakat dunia dan Indonesia saat ini, membuat 27 narapidana di Rumah Tahanan kelas II kota Tidore Kepulauan bisa bernapas lega. Sejumlah napi yang berada di rutan kelas II B Soasio tersebut dibebaskan sesuai dengan Peraturan  Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia  Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 (Permenkumham 10/2020) tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi.

Pembebasan tersebut karena untuk menghindari merebaknya persebaran virus Covid-19 lingkungan rumah tahanan.

Kepala Rutan Kelas II B soasio kota Tidore Kepulauan Hidayat, Amd.IP.SH.MH saat Dikonfirmasi, Senin (6/4) melalui telepon genggam mengatakan narapidana yang dibebaskan adalah mereka yang telah menjalani hukuman lebih dari setengah masa pidana, napi yang memiliki hukuman kurang dari 6 bulan, dan telah mejalani proses asimilasi.

Sementara, untuk napi yang di bebaskan adalah Napi yang bukan tindak pidana khusus, namun tindak pidana umum, sudah menjalani tahanan maksimal tanggal 7 April 2020 atau dua pertiga masa tahanan jatuh pada tahun 2020.

Untuk rumah tahanana kelas II B Soasio Kota Tidore Kepulauan pembebasan dilakukan secara bertahap, mulai dari tanggal 1 April hingga 2 April 2020.

"Pembebasan para narapidana ini mengikuti peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2020, rutan Soasio hanya menindak lanjuti permen tersebut, dalam rangka pembebasan napi" ungkap Hidayat.

Peraturan ini membebaskan para narapidana untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 atau virus corona yang menyebar di lingkungan rumah tahanan.

Selain itu, kepala rutan juga menegaskan bahwa seluruh warga binaan yang dipulangkan untuk tidak melakukan aktifitas kemana-mana hanya bisa di rumah, karena belum bisa melakukan aktifitas sebebas - bebasnya.

"Kita sampaikan kepada seluruh WBP yang dipulangkan untuk tetap stay at home, jadi pulang bukan sebebas-bebasnya bisa melakukan apapun," tegas Kepala Rutan Soasio Kota Tidore.

Berikut nama-nama yang dinyatankan bebas : 1. Ismail Husen 2. Zulfikar Muksin, 3. sardin Ali, 4. Daiyan Abdullah (masa tahanan 8 tahun) 5. Kader Maya, 6. Dedy patani (masa tahanan 6 tahun), 7. La endang, 8. Nyong Fitra Lajani, 9. Lutfi Ali (masa tahanan 5 tahun), 10. Muhammad Ervan Ibrahim, 11. Akbar Taufik (masa tahanan 4 tahun 6 bulan), 12.sudarto Umar (masa tahanan 3 tahun), 13. kasri Luange (masa tahanan 2 tahun 6 bulan ), 14. salamudin Hamid (masa tahanan 2 tahun), 15. Harmoko Ujir, (masa tahanan 1 tahun 10 bulan, ) 16. Ilham Abdul Rajak, (masa tahanan 1 tahun 6 bulan) 17. Tusiah (masa tahanan 1 tahun 8 bulan), 18.Djabir Salama (masa tahanan 3 tahun) 19.syahril Buamona (masa tahanan 7 bulan), 20. Efendi Ismail (masa tahanan 1 tahun 8 bulan), 21. Robbi Wuisan (masa tahanan 7 bulan), 22.Antonius Kaoci, 23. Matusail kaoci, 24. Bernadus Maliate, 25.jhonheis kaoci, 26. Lianus Maliate, 27. Timutius Kaloba (masa tahanan 8 bulan).(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.