Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Advokat Togar Situmorang Membagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Klungkung Bali

Klungkung - Pandemi corona virus disease (Covid-19) masih melanda bumi pertiwi. Pembatasan sosial maupun fisik antar orang hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah dilakukan. Aktivitas menjadi tak seperti biasanya. Perusahaan sudah menerapkan work from home maupun penjadwalan operasional karyawannya. Sekolah tak lagi menggelar tatap muka di kelas, melainkan dengan sarana daring atau kerap disebut study from home.

Hal itu ternyata tidak berlangsung singkat. Hingga kini, masih saja bertambah jumlah kasus covid-19, sehingga pembatasan aktivitas pun masih berlangsung. Dampaknya, secara ekonomi banyak yang mulai merasakan. Apalagi bagi mereka yang selama ini menggantungkan hidup dan beraktivitas di luar ruangan. Kegiatan mereka terhambat, dan pemasukan pun berkurang atau malah ada yang terhenti lantaran usahanya tutup.

Pemerintah pun telah mengulurkan bantuan sosial. Beragam skema telah dijalankan. Anggaran belanda baik itu dipusat maupun daerah pun difokuskan untuk penanganan covid-19. Mereka membantu secara langsung dalam bentuk paket sembako maupun program cash transfered semisal Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Program Kartu Prakerja.

Tak ketinggalan, kalangan pengusaha besar yang masih bertahan juga mengulurkan tangan untuk meringankan beban masyarakat terdampak covid-19. Mereka melalui program CSR-nya memberikan paket sembako hingga rapid test massal secara gratis ke masyarakat. Semua bergandengan tangan.Tak memandang status maupun warna apapun, semua saling menolong sesama manusia di negeri tercinta ini.

Masyarakat pun bahu-membahu dan bergotong royong untuk meringankan beban tetangganya. Semua yang berkelebihan membantu pihak yang kurang beruntung untuk meringankan beban hidupnya.

Tak ketinggalan, salah satu Advokat yang namanya begitu dikenal di Pulau Dewata maupun Indonesia juga melakukan aksi sosial itu. Dialah Togar Situmorang, SH, MH, MAP.

Bersama dengan putranya, Axl Mattew Situmorang serta staf kantor hukumnya, Advokat yang dijuluki Panglima Hukum itu pada 24 April 2020 membagikan paket sembako di Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali.

Aksi sosial itu juga dihadiri oleh Mokkas Community Bali yang diwakili oleh A.A. Agung Gede Indrawan Diputra. Berdasarkan keterangan tertulis sebagaimana tercantum di website kantor hukumnya, kegiatan itu disambut meriah oleh pihak Bandesa Adat Desa Banjarangkan A.A. Angung Gde Dharma Putra. Demikian juga dengan Ketua Satgas Covid-19 Dewa Nyoman Karyawan, Kelian Dinas Paguntan I Kadek Setiawan, Ketua Pecalang I Made Karta, Babinsa Polsek Banjarangkan I Gusti Ngurah Merta Yasa, dan warga setempat juga menyambut hangat kehadiran rombongan Advokat Togar Situmorang.
Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak covid-19 di Desa Banjarangkat, Klungkung, Bali. Foto : Tim Publikasi Law Firm Togar Situmorang.

“Sebagai tokoh masyarakat saya berterima kasih banyak atas keiklasan Bang Togar Situmorang dalam membantu program pemerintah peduli Covid-19 dan Menyambut Bulan Suci Ramadhan di hari pertama Bulan Puasa bagi masyarakat Muslim sudah menyisihkan rejekinya untuk dapat membantu masyarakat kurang mampu. Semoga Tuhan membalas kebaikan Bang Togar Situmorang. Khususnya untuk masyarakat adat Banjarangkan,” ucap A.A Agung Gede Indrawan Diputra sekaligus wakil Bendesa Desa Adat Banjarangkan Klungkung.

Sementara itu, Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP pada kesempatan itu mengatakan, aksi ini dilakukan mengingat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini bukan hanya mengancam keselamatan jiwa masyarakat, namun juga mengancam ketahanan ekonomi masyarakat luas. Akibat pandemi ini, lanjut Advokat yang juga dikenal sebagai Pengamat Kebijakan Publik ini, masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah terutama yang bekerja di sektor informal yang paling merasakan dampaknya. "Penghasilan mereka tidak hanya turun namun juga tidak memiliki penghasilan sama sekali,” ungkap Advokat Togar Situmorang.

Pada kesempatan itu, Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP membagikan paket sembako yang terdiri dari beras, kopi, gula, minyak goreng dan 200 masker pada warga Desa Adat Banjarangkan Klungkung.

"Dalam agama Kristen kita hidup harus saling mengasihi adalah ajaran yang utama juga terutama yaitu mengasihi sesama manusia. Dan dalam masyarakat Bali sendiri mengenal konsep Tri Hita Karana yaitu tiga hal atau tiga penyebab yang membuat hubungan kita bahagia yang terdiri dari Parhayangan, Pawongan dan Palemahan. Di mana Parhayangan itu hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, Pawongan yaitu hubungan manusia dengan manusia dan yang terakhir adalah Palemahan yaitu hubungan manusia dengan lingkungan atau alam. Sebagai pengejawantahan dari Tri Hita Karana tersebut, kami dari Law Firm Togar Situmorang telah melakukannya dengan baik juga tulus dan ikhlas,” pungkas Togar Situmorang,SH,MH,MAP yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar.

Selain membagikan paket sembako, Advokat Togar Situmorang juga memberikan himbauan dan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk melanjutkan kegiatan dari rumah saja (Stay at Home) dengan penuh disiplin untuk selalu menggunakan masker di tempat terbuka. Menurutnya, penggunaan masker memiliki dua fungsi, yakni bagi yang sakit maka percikan droplet akan tertahan oleh masker, kemudian yang kedua, penggunaan masker bagi yang sehat maka akan terhindar, terutama pada wajah bagian hidung, mulut dan mata dari percikan dari orang lain.

Lebih lanjut diutarkaan Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP, kegiatan seperti ini akan dilanjutkan secara kontinyu dan berkelanjutan. Bukan hanya aksi sosial melainkan juga edukasi berupa pemberian informasi yang benar tentang pencegahan covid-19.(AR/Website Kantor Hukum Togar Situmorang)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.