Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Akhirnya, Kursi Wagub DKI Dimenangi Partai Gerindra

Politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anis Baswedan. Pemilihan dilakukan pada Senin (6/4/2020). Foto : humas
Jakarta - Politisi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria akhirnya menjadi pemenang dalam pemilihan wakil gubernur DKI di DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

Keluanya Riza Patria sebagai pemenang ini tentu memupus asa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sejak awal menekankan pihaknya lah yang berhak untuk mendapatkan jatah wakil gubernur lantaran kesepakatan dukungannya dalam pemilihan Presiden - Wakil Presiden 2019 silam.

Anggota Panitia Pemilihan DPRD DKI Jakarta S. Andyka menyatakan Rapat Paripurna (Rapur) Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang digelar hari ini, Senin (6/4/2020) pukul 10.00 WIB berjalan dengan menjalankan protokol kesehatan penanggulangan covid-19. Apalagi DKI Jakarta sedang dalam masa tanggap darurat bencana virus covid-19.

Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini disiarkan secara langsung melalui youtube. Terlihat pemilihan dilakukan secara bergantian dengan tempat duduk bagi anggota DPRD yang diatur dengan jarak sekitar 2 meter antara satu anggota dengan anggota lainnya.

Hasil pemilihan Wakil Gubernur itu tercatat Ahmad Riza Patria berhasil meraih 81 dari 100 suara anggota legislatif yang menggunakan hak pilihnya. Lalu, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurmansjah Lubis meraih 17 suara. Dua suara lagi dinyatakan tidak sah.

Dengan hasil ini, Ahmad Riza Patria resmi akan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, setelah mendapatkan legitimasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

PKS Terima Takdir

Menyikapi hasil itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap tenang dan tidak begitu reaktif. Hal itu terlihat dari pernyataan yang dilontarkan Abdurrahman Suhaimi, anggota DPRD DKI Jakarta dari partai religius ini.

Suhaimi menandaskan hasil pemilihan wakil gubernur ini adalah sebagai takdir. Ia mengatakan, apabila prosesnya ditakdirkan seperti itu, maka dalam bahasa agama adalah takdir.

Meskipun demikian, ia ada catatan soal proses pemilihan itu. Menurutnya pemilihannya kurang transparan karena tidak semua media massa bisa masuk meliputnya. Hanya media internal saja yang diperkenankan masuk.

Meskipun demikian, Suhaimi mengucapkan kepada Ahmad Riza Patria yang terpilih mendampingi Gubernur Anies Baswedan. Ia berharap agar Riza Patria bisa bekerja sama dengan gubernur untuk membenahi Jakarta dan mensejahterakan warganya. (Red)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.