Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Aliansi RBR Minta Pemkab Halteng Serius Tangani Covid-19

Aksi Aliansi Rakyat Bantu Rakyat (RBR)  mengingatkan Pemkab Halteng untuk serius dalam menangani pandemi covid-19. Foto: Masdar Hi Ahmad
Weda - Tim Satgas Kabupaten Halamahera Tengah akhirnya mendapat sorotan dari masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bantu Rakyat (RBR).

Aksi damai yang dilakukan oleh aliansi Rakyat Bantu Rakyat ini terkait dengan tingkat penanganan Covid-19 di Halmahera Tengah.

Menurut Muhammad Safri salah satu kordinator aksi menyapaikan bahwa penyebaran wabah virus corona semakin meningkat di Maluku Utara yang sampai saat ini berjumlah 26 orang yang di nyatakan positif. Lantaran hal itu mereka meminta kepada Tim Satgas Kabupaten Halmahera Tengah untuk lebih capat melakukan pencegahan agar tidak terjadi di masyarakat Weda dan masyarakat Halteng pada umummnya.

Lanjut Safri, sapaan Akrabnya, aksi damai yang mereka lakukan ini adalah bagian dari mengigatkan kepada Tim Satgas Kabupaten agar lebih cepat melakukan terobosan di lapangan supaya kita semua terhindar dari covid-19 .

Ada enam tuntututan kepada Tim Satgas penangan covid -19 di antaranya yaitu Pertama, menyiapkan tempat karantina bagi orang2 yang datang di daerah zona merah alias daerah yang sudah terpapar covid-19; kedua, menutup akses masuk di ibu kota Halmahera Tengah terkecuali peralatan tenaga medis; ketiga, mempercepat pengadaan rapid test dan APD untuk tenaga medis; keempat, melakukan kontrol terhadap harga sembako; kelima, memastikan ketersediaan pangan selama masa pandemi covid-19; dan keenam, melakukan pencegahan covid-19 secara terukur tanpa ada intimidasi.

Setelah menyampaikan tuntutan meraka, Satgas langsung menanggapi persoalan yang disampaikan oleh massa aksi.

Tanggapan ini disampaikan Jubir Gugus Tugas penanganan covid-19 Halmahera Tengah Rijja Rajana. Ia mengatakan, tuntutan yang disampaikan oleh massa aksi ini sudah dibahas bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati pada rapat kemarin. Dalam rapat itupun menyapakati beberpa intruksi untuk percepatan penanganan Covid-19 di Halmahera Tengah.

Instruksi Bupati Nomor 32/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Virus Corana atau Covid-19  agar diketahui dan dipatahui oleh semua pihak.  Intruksi ini berlaku kepada pimpinan organisasi perangkat daerah, para camat, para kepala desa, Tim Gugus Covid-19, pengusaha jasa transportasi darat dan laut di wilayah Kabupaten Halmahera Tengah dan seluruh masyarakat Kabupaten Halmahera Tengah.

Poin yang disampaikan Bupati adalah melarang perjalanan keluar daerah terutama ke daerah yang terjangkit Covid-19 baik di dalam maupun di luar provinsi Maluku Utara. Jika terpaksa melakukan perjalanan keluar daerah, maka dilarang kembali ke Halamahera Tengah terkecuali membawa surat keterangan sehat dari derah asal serta wajib melaporkan ke Tim Satgas dan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari dibawah pengawasan tim Satgas Kabupaten.

Kemudian,  instruksi Bupati itu juga meminta kepada masyarakat agar memberi ketrangan yang jujur kepada Satgas covid-19 tentang riwat perjalanan. Lalu,  melarang ASN untuk bepergian ke daerah yang terjangkit covid -19.

Bupati juga akan menjatuhkan hukuman disiplin kepada ASN  yang tidak mematuhi intruksi ini. Kemudian, Bupati melarang aktivitas laut dan alat tranportasi lainnya yang di luar dari Kabupaten Halmahera Tengah untuk membawa orang dari luar. Yang diizinkan hanya membawa sembilan bahan pokok, BBM dan alat kesehatan.
Lalu,  Bupati juga melarang anak buah kapal atau ABK turun di dermaga saat bongkar muat berlangsung . Selanjutnya, Bupati juga meminta Tim Gugus Tugas covid-19 untuk menutup akses keluar masuk lintas kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat.mulai pukul 23.00 sampai dengan 06.00 WIT .

Instruksi Bupatu ini berlaku sejak tanggal ditetapkan hingga 14 hari ke depan. Instruksi Bupati tersebut dapat diperpanjang atau dihentikan sesuai dengan kondisi yang Ada.

Setelah masa aksi mendengarkan intruksi Bupati Halmahera tengah yang
dibacakan ,  masa aksipun bubar dengan damai .(DAR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.