Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Empat Pelabuhan Laut di Halut Bakal Diserahkan ke Pemda

Kepala UPP Tobelo, Rushan Muhammad. Foto : Rachman
Tobelo - Sebanyak empat pelabuhan laut yang berada di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) bakal dikelola oleh Pemerintah Kabupaten jika aset milik Kementrian Perhubungan telah diserahkan ke daerah.

Keempat pelabuhan itu adalah Pelabuhan Galela, Pelabuhan Kao, Pelabuhan Posi Posi Loloda Utara dan Pelabuhan Dama Loloda Kepulauan.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Tobelo, Rushan Muhammad mengatakan ada empat pelabuhan regional lokal yang berada di Kabupaten Halut bakal diserahkan kepada Pemkab Halut. "Pada tahun 2019 kami rapat di ruang Sekda Provinsi Maluku Utara bersama Kadishub Halut waktu Itu, Pak Jemy Duan, diinformasikan pada bulan April 2020, tim verifikasi akan turun ke Halut, mungkin karena adanya wabah Corona sehingga tim belum bisa turun verifikasi," kata Rushan Muhammad, Kamis (16/04/2029).

Menurutnya, penyerahan pelabuhan kategori pengumpan itu, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan fungsi pelabuhan. “Hal ini juga bisa menjadi peluang bagi pemerintah daerah untuk mendapatkan sumber pendapatan asli darah (PAD),” ujarnya.

Ia mengatakan tahap awal penyerahan pelabuhan pengumpan yang berada di Jawa Timur dan Makassar kemudian berikutnya Maluku Utara. ”Pelabuhan Tobelo, Morotai, Laiwui, Weda dan Babang, tidak termasuk karena sebagai pelabuhan pengumpul," ungkapnya

Rushan menegaskan, setelah diserahkan pelabuhan itu sepenuhnya berada dalam koordinasi kewenangan Pemda kecuali aspek sistem navigasi dan keselamatan yang masih dipegang pemerintah pusat. ”Dengan penyerahan aset pelabuhan ke Pemda, berarti tanggung jawab manajemen dan keuangan ada di tangan Pemda,” pungkasnya.(RHM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.