Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Kasus Pertama Meninggal karena Covid-19, Pemkot dan Satgas Covid-19 Kota Tidore Diminta Lebih Memperhatikan Daerahnya

Abdullah Jumati, Sekretaris KNPI Kota Tidore Kepulauan. Foto : Sukadi
TIDORE- Komite Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menilai Pemerintah Kota dan Satgas Covid-19 diduga telah mengabaikan Keluarahan Mafututu, Kecamatan Tidore Timur, usai melakukan pemakaman salah satu warga daerah itu sesuai dengan SOP Covid-19.

Pemakaman yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan pada Jum'at 10 April 2020 itu merupakan kasus pertama di Maluku Utara. Sudah sewajarnyalah Pemerintah Kota Tidore Kepulauan memberikan perhatian serius kepada masyarakat Kelurahan Mafututu.

Sekertaris KNPI Kota Tidore Kepulauan Abdullah Jumati mengatakan, peristiwa pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di Kelurahan Mafututu itu menimbulkan spekulasi dan rasa khawatir bagi di sana, terutama keluarga almarhumah.

"Berdasarkan informasi diperoleh media, almarhumah meninggal dengan gejala yang mirip dengan pengidap covid-19 menjadi momok dan kecurigaan warga sekitar terutama bagi keluarga almarhumah. Selain berefek pada aktivitas sosial yakni hajatan dina, juga psikologi keluarga," ungkap Abdullah Jumati.

Lebih lanjut ia mengutarakan, terkait hal tersebut DPD KNPI Kota Tikep meminta kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Tikep untuk memberi perhatian khusus apabila perlu menjadi warning bagi masyarakat bahwa kasus ini jangan dianggap biasa-biasa saja.

"KNPI juga berharap agar Kelurahan Mafututu mestinya menjadi zona siaga bagi Tim Covid-19 karena interaksi mereka berlangsung cukup lama hingga, dengan peristiwa ini Tim Gugus Tugas Covid-19 harus memperhatikan APD Puskesmas setempat,  masker bagi masyarakat, penyemprotan disinfekatan di perumahan warga  dan vitamin bagi warga Kelurahan Mafututu," tegas Abdullah.

Abdullah menambahkan, DPD KNPI Kota Tikep menyampaikan kepada Pemerintah Kota Tikep agar tidak boleh hanya bermodal sugesti tradisional misalnya berjemur, minum obat kampung dan mandi air laut saja, melainkan masyarakat wajib mendapatkan penanganan berdasarkan standar operating procedures (SOP) dan Protokol Penanganan Covid-19 secara holistik dan terencana. Tidak hanya itu,  lantaran kasus itu merupakan kasus pertama di Maluku Utara sudah sewajarnyalah semua pihak harus memperhatikan daerah Kelurahan Mafututu, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tikep.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.