Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Lagi, RSUD Soasio akan Merujuk Satu ODP ke RSUD Chasan Boesoeri Ternate

Saiful Salim,  Juru Bicara Gugus TuGas Covid-19 Kabupaten Tikep. Foto : Sukadi.
Tidore - Setelah tiga orang dalam pemantawan (ODP) dirujuk oleh Rumah Sakit Soasio Kota Tidore Kepulauan (Tikep)  ke Rumas Sakit Chasan Boesoeri Ternate Maluku Utara, rencananya pada Jumat (10/4) akan ada satu pasien ODP yang akan dirujuk ke RS Chasan Boesoeri Ternate.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Tikep Saiful Salim saat konferensi pers di ruang Humas Pemda Tikep, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya,  setelah sebelumnya ada tiga ODP yang dirujuk ke RSUD Chasan Boeroirie, satu ODP lagi rencananya akan dirujuk besok, setelah yang bersangkutan menunjukkan reaktif saat dilakukan pemeriksaan rapid test.

Menurut Saiful, meskipun sudah ada 4 ODP yang menunjukkan reaktif setelah dilakukan rapid test, namun belum bisa didiagnosa atau dinyatakan 4 ODP positif Covid-19, karena harus dilakukan pengambilan Swab Test untuk dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Rapid test digunakan hanya untuk screening awal atau pemeriksaan penyaring guna melihat reaksi antibody yang terbentuk saat terserang virus," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Rapid test berfungsi untuk screening potensi kasus positif Covid-19 di masyarakat, dan untuk standar diagnosa Covid-19 hanya melalui Swab test atau PCR test.

Lebih lanjut ia mengutarakan, saat ini ada 4 ODP yang menunjukan reaktif dari hasil Rapid test, dan 3 ODP sudah diisolasi ke RS Chasan Boesoeri Ternate untuk sekaligus dilakukan pengambilan spesimen Swab test.

Sementara, untuk 1 ODP lagi akan dirujuk ke RS Chasan Boesoeri Ternate pada Jumat 10 April 2020 besok sesuai dengan permintaan dari Dokter Spesialis Paru RS Chasan Boesoeri Ternate.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan masyarakat di Kota Tikep tidak panik namun tetap waspada dengan mematuhi anjuran dan himbauan dari Pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Tikep.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.