Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Nahas, ABK KM Tanto Lestari Jatuh di Pelabuhan Kontainer Tobelo

Lokasi jatuhnya korban, ABK KM Tanto Lestari di Pelabuhan Kontainer Tobelo, Kamis (16/4/2020). Foto : Rachman
Tobelo - Waris Sawono (47), warga Tembok Lor III/20 RT.009 RW.003, Desa Bubutan, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur mengalami kecelakaan kerja saat melakukan pengecetan lambung kapal KM. Tanto Lestari di Pelabuhan Kontainer Tobelo, Kamis (16/04/2020).

Anak Buah Kapal (ABK) KM.Tanto Lestari ini diduga terjatuh dari rakit kapal disaat persiapan untuk melakukan pengecatatan lambung kapal bagian kanan belakang kapal KM. Tanto Lestari.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kira-kira pukul 09.30 WIT, Wahid Hasyim (Saksi) bersama-sama dengan korban sedang melakukan persiapan pekerjaan pengecataan lambung kapal bagian kanan belakang. "Posisi korban, saat itu berada di atas rakit bersama Faris Ahmad Yusuf," ungkap Wahid Hasyim, Kamis (16/04/2020).

Wahid Hasyim mengaku mendengar suara teriakan minta tolong dari korban, kemudian ia mengambil pelampung dan membuang ke arah korban. "Saat itu, posisi korban sudah berada di dalam laut yang jaraknya dari kapal kurang lebih 10 meter," ujarnya.

Menurutnya, korban sempat mengambil pelampung dan dimasukan ke badan tapi saat itu juga  korban tidak sadarkan diri atau pingsan dan langsung dibantu oleh para buruh pelabuhan melakukan pertolongan terhadap korban dan setelah berhasil diangkat ke atas dermaga korban langsung dilarikan ke RSUD Tobelo.

Sementara itu, Kepala UPT Pelabuhan Tobelo, Rushan Muhama mengatakan dirinya mengetahui kejadian itu dari staf yang melaporkan bahwa ada ABK kapal Tanto Lestari mengalani kecelakan kerja. "Jadi saya diberitahu ada ABK Tanto Lestari kecelakaan dan telah dilarikan ke RSUD Tobelo, dan informasi sudah meninggal di RSUD," ungkapnya.

Rushan juga mengaku telah menyampaikan informasi tersebut ke Kasat Reskrim Polres Halmahera Utara, AKP Rusli Mangoda. Kemudian, Kasat Reskrim telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan."Jadi sudah ada penanganan dari pihak kepolisian," imbuhnya. (RHM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.