Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Pemkab Halut Terima APD dan Alat Rapid Test Covid-19

Pemkab Halut terima APD dan alat rapid test untuk menanggaulangi pandemi Covid-19 di wilayahnya. Foto : Ist
TOBELO -  Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara telah menerima logistik Alat Pelindung Diri (APD) dan alat Rapid Test Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halut Muhama Tapi Tapi mengaku pihaknya telah menerima APD seperti baju pelindung diri dan topeng. Ia merinci ada sebanyak 10 set lengkap APD dan alat rapid test yang diberikan oleh Kemenkes RI. “Ada 10 set APD lengkap. Selain itu kami juga menerima baju PD, menerima 160 pcs alat rapid test,” ujar Kadis Kesehatan Halut, Muhama Tapi Tapi kepada wartawan, Minggu (05/04/2020).

Muhama Tapi Tapi. Foto : Rachman
Menurut Muhama, APD bantuan Kemenkes itu telah disalurkan ke Rumah Sakit dan Puskesmas, kemudian akan digunakan oleh tenaga medis yang akan menangani Covid-19 atau virus Corona.

“Selain itu, kami juga distribusikan masker kepada tim Satker dan ODP dan PDP," ungkapnya.

Muhama menambahkan selain mendapat bantuan dari Kemenkes pihaknya juga berupaya melakukan pengadaan APD untuk memenuhi kebutuhan para tenaga medis namun masih kesulitan karena barangnya masih sulit didapat. "Kami baru dapat pesanan APD dari Manado sebanyak 75 set lengkap dengan kaca mata dan sepatu harga satu set Rp 2 juta," ungkapnya.

Lantaran hal tersebut, Muhama berharap kepada masyarakat Halmahera Utara bisa berperan aktif untuk membantu pemerintah dalam menangani dan mencegah Covid-19 dengan cara mengikuti himbauan dari pemerintah seperti membatasi keluar rumah, cuci tangan, kemudian bagi yang baru datang dari luar daerah dapat melapor diri untuk diperiksa kesehatan dan juga jaga jarak. “Jika masyarakat tak peduli dengan himbauan pemerintah maka kita bisa terkena dampak dan bisa terpapar dengan Covid-19, harapannya ikuti himbauan atau aturan yang sudah ditetapkan Pemerintah," harapnya.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini hingga kini di Halmahera Utara belum ada yang terdeteksi terinfeksi Covid-19. Namun daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) 68 orang sedangkan PDP 1 orang yang sementara di rawat di RSUD Chasan Bosoiri Ternate,(RHM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.