Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Pemkab Semarang Siapkan Lahan Pemakaman Khusus Covid-19

Pemkab Semarang siapkan lahan khusus pemakaman jenazah Covid-19 untuk menghindari apabila ada penolakan oleh masyarakat. Foto : detik. 
Semarang - Pemkab Semarang memutuskan menyiapkan lahan sekitar 3000 meter persegi untuk lokasi pemakaman khusus jenazah Covid-19. Lokasinya, tepat di belakang Kantor DPRD Semarang.

Keputusan ini, menyusul buntut ketegangan warga sekitar TPU Desa Sewakul, Kabupaten Semarang dengan Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha terkait pemakaman seorang perawat RS Kariadi Semarang yang ditetapkan positif Covid-19.

Sekda Kabupaten Semarang Drs Gunawan Wibisono, MM mengatakan, makam yang berada di belakang kantor DPRD tersebut ke depannya akan menjadi makam umum.

"Selama ini kan, Kabupaten Semarang belum memiliki TPU. Untuk itu, kami menyiapkan yang lebih luas sekitar 3000 meter persegi jadi bukan semata-mata untuk jenazah tertentu saja. Selanjutnya makam umum tersebut akan dikelola oleh pemerintah melalui DPU," kata Sekda Gunawan Wibisono, Minggu (12/4) siang.

Pihaknya juga mengaku prihatin dengan adanya penolakan jenazah korban Covid-19 yang tak lain adalah seorang perawat, yang sempat viral dalam beberapa hari terakhir.

"Sebenarnya secara medis proses pemulasaran dan pemakaman jenazah sudah aman karena dilakukan oleh petugas khusus, jadi masyarakat tidak perlu kuatir yang berlebihan," tambah Gunawan.

Sementara itu Polda Jateng telah menetapkan tiga orang diduga sebagai provokator penolakan jenazah. Mengenai hal ini,  Sekda menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada
Polda Jateng dan Polres Semarang. (RM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.