Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Penanggulangan Covid-19, Pemkab Halut Kucurkan Dana Rp 56.6 Miliar

Drs, Deki Tarawis, MM. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Persandian Kabupaten Halmahera Utara. Foto : Rachman Baba
Tobelo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut) menyiapkan alokasi anggaran Rp 56.6 miliar untuk percepatan penanggulangan penyebaran pandemi Covid-19. Jumlah ini masih bisa bertambah karena kebijakan disesuaikan dengan kondisi dan situasi terkini.

Keseriusan Pemkab Halmahera Utara untuk pencegahan serta penanganan dampak Pandemi Corona  (Covid-19) di kabupaten yang memiliki 17 kecamatan 196 desa tak perlu diragukan.

Dana tersebut berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 8.8 milyar, Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 28.2 yang digeser dari berbagai kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Dana Desa (DD) sebanyak Rp 19.6 Milyar.

“Alokasi anggaran Rp 56.6 milyar untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 di kabupaten Halmahera Utara telah disetujui oleh Bupati,“ kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Drs Deki Tawaris MM, kepada Wartawan, Minggu (05/04/2020).

Menurutnya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Halmahera Utara terus bekerja untuk merealisasikan upaya percepatan penanggulangan Covid-19. "Penggunaan dana tersebut meliputi upaya pencegahan penyebaran virus covid -19, penanganan pasien serta penyedian APD dan lainnya. Juga untuk konpensasi pangan, penanggulangan dampak yang ditimbulkan virus yang kini telah menjadi masalah dunia saat ini." jelasnya.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD kabupaten Halmahera Utara, Yulius Dagilaha mengatakan komunikasi soal anggaran sudah dilakukan, tetapi untuk kepastian nominal masih menunggu pemberitahuan resmi dari Pemkab Halmahera Utara. “Nanti kalau sudah ada pemberitahuan resmi segera kami umumkan. Yang jelas kami terus berkomunikasi dengan Pemkab agar penanganan dan penanggulangan dilakukan secara cepat,” kata Yulius Dagilaha, Minggu (05/04/2020).

Menurut Yulius, untuk penanggulanan virus Covid-19, DPRD Halmahera Utara berkomitmen penuh dan mendukung Pemkab untuk mengambil langkah cepat penanganan virus Covid-19. Ia mencontohkan DPRD telah menggeser mata anggaran mulai dari kegiatan kunjungan kerja (perjalanan dinas) untuk membantu upaya percepatan penanggulangan Covid-19.

“Pergeseran kegiatan di DPRD diserahkan ke Pemkab guna penanggulangan Corona, ” pungkasnya.(RHM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.