Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Presiden Jokowi Jelaskan Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung

Jakarta - Pemerintah baru saja melarang kegiatan mudik lebaran. Budaya masyarakat perantau saat hari raya Idul Fitri itu dilarang setelah sebelumnya pemerintah hanya menghimbau untuk tidak pulang kampung saat pandemi covid-19 baru menerjang bumi pertiwi. Larangan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi)


Dalam acara "Mata Najwa" di salah satu televisi swasta Rabu (22/4) malam, kebijakan baru pemerintahan Joko Widodo ini juga menjadi materi yang disorot Najwa Shihab, sang empunya acara itu.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi mengatakan,  kebijakan sebelumnya yang hanya menghimbau untuk tidak pulang kampung didasari karena mereka yang akan pulang kampung itu di perantauan sudah tidak bekerja lagi imbas dari pandemi covid-19. Ketimbang mereka di kota besar, Jakarta misalnya,  hidup di kontrakan yang kecil berdempetan dan tidak memiliki perjaan, maka mereka memilih balik ke kampung halamannya. 

Selain itu kebijakan himbauan untuk tidak pulang kampung lantaran di desa-desa sudah disiapkan tempat karantina bagi mereka yang balik ke kampung halamannya.

Kebijakan tidak melarang saat itu didasari salah satunya pemikiran demikian. Mereka yang pulang kampung itu anak isteri atau keluarganya ada di kampung.

Sementara untuk pelarangan mudik yang ditetapkan dalam rapat kabinet terbatas pada Selasa (21/4) lalu didasari bahwa kegiatan mudik itu dilakukan bagi mereka yang ada di kota besar di mana hanya sewaktu hari raya Idul Fitri saja mereka pergi mengunjungi sanak saudaranya di kampung.

Kebijakan pelarangan mudik ini dinilai sebagian pihak sudah telat.  Lantaran mereka yang sudah balik ke kampung halaman jumlahnya banyak dan itu menjadi salah satu pemicu penyebaran virus corona.  Tak hanya itu,  kebijakan yang ambigu soal pelarangan warga negara asing juga menjadi salah satu pemicu penyebaran virus corona. Apalagi di tengah pandemi ini masih saja WNA dari China masuk ke wilayah Indonesia.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.