Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Wacana Penggunaan Telepon Berbayar di Rutan Kelas IIB Soasio Dikritik, Diganti Video Call Terjadwal

Wacana untuk membebani biaya dalam penggunaan telepon di Rutan Kelas IIB Soasio dikritik, kemudian diganti dengan video call yang gratis. Foto : Sukadi.
Tidore - Terkait isu yang beredar tentang pemberlakuan pungutan uang bagi narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Soasio Kota Tidore Kepulauan yang menggunakan fasilitas telepon yang disediakan pihak Rutan, Kepala Rutan Klas II B Soasio Hidayat mengatakan, pembayaran untuk penggunaan telepon untuk narapidana baru diwacanakan.

Ia menambahkan, ini baru sebatas uji coba yang dilakukannya kurang lebih 4 hari ini, namun sampai dengan berita ini diturunkan kebijakan tersebut sudah dihentikan, karena menuai berbagai kritikan.

"Kebijakannya ini sebenarnya dilakukan dalam rangka untuk membatasi interaksi langsung keluarga maupun orang luar dengan narapidana untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Rutan Klas II B Soasio," kata Hidayat kepada wartawan, Kamis (30/4/2020).

Dirinya menambahkan, fasilitas telepon Rutan yang dipakai ini, nomornya juga telah terdaftar dan nanti diawasi Kepolisian dan Kejaksaan terkait aktivitas dan pengawasan terhadap peredaran narkotika.

"Saya tegaskan ini baru diuji coba, jika narapidana dan keluarga merasa terbebani maka tidak lagi dilakukan, ini semua dalam rangka untuk membantu narapidana dan keluarga untuk dapat berkomunikasi, tanpa harus bertemu secara langsung untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Rutan," ungkap Hidayat.

Dia mengaku, untuk gantinya, Rutan Klas II B Soasio tetap melakukan layanan kunjungan menggunakan videocall terjadwal dan tidak dipungut biaya.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.