Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Didi Kempot Berpulang, Sobat Ambyar Berduka

Didi Kempot berpulang pada Selasa (5/5) pagi sekitar pukul 07.25 WIB di RS Kasih Ibu Solo. Foto : kompas
Solo - Selasa (5/5) pagi ada kabar mengejutkan dari Solo. Sosok musisi yang belakangan ini begitu familiar dan menjadi ikon musik campur sari dari Solo berpulang sekitar pukul 07.25 WIB tadi.

Bila dahulu musik campur sari identik dengan 'klangenan' orang yang sudah berumur, pada dua tahun belakangan ini, figur Didi Kempot membuat musik-musik campur sari digemari kaum millenial bak lagu-lagu K-Pop.

Didi Kempot yang bernama asli Dionisius Prasetyo itu berpulang di usia 53 tahun. Ia seperti diutarakan pengamat musik Adib Hidayat seolah merupakan musisi yang mampu menembus batas sekat suku dan generasi. Musik Didi Kempot tak hanya dinikmati orang Jawa, namun dari suku lain yang bisa jadi tidak memahami arti liriknya.

Didi Kempot malah musisi bergenre campur sari dengan lirik berbahasa Jawa yang ngetop di mancanegara. Karya-karyanya banyak digemari warga Belanda dan Suriname. Malahan, Didi Kempot sering menggelar konser di Suriname.

Karena Serangan Jantung?

Kabar berpulangnya Didi Kempot tentu menghenyakkan semua pihak. Belakangan ia begitu gencar untuk berkampanya memerangi pandemi covid-19 dengan lagu-lagunya. Yang terakhir, dia menggandeng Walikota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengatakan, almarhum maestro musik tradisional campur sari itu mengalami henti jantung.

Kakak kandung almarhum, Lilik, mengatakan malam harinya Didi Kempot sempat pergi ke rumah sakit.

Rumah Sakit Kasih Ibu Solo sempat mengatakan, Didi Kempot saat dibawa ke rumah sakit sudah dalam keadaan henti jantung. Kemudian, tak selang beberap lama setelah ditangani tenaga medis, Didi Kempot dinyatakan meninggal dunia.

Dimakamkan di Ngawi

Didi Kempot yang dijuluki the Godfather of Brokenheart itu rencananya akan dimakamkan di Ngawi Jawa Timur.

Didi kempot dikebumikan bersebelahan dengan makam putranya. Hal itu diungkapkan kerabat Didi yang di Ngawi, Madi. Menurutnya, ia akan dimakamkan di samping anak pertamanya yang meninggal saat usia enam bulan bernama Lintang.

Rumah duka Didi Kempot di Ngawi terlihat juga sudah banyak pelayat yang datang. Pun demikian dengan rumah duka yang di Solo. Terlihat banyak pelayat.

Dari pantauan wartawan di RS Kasih Ibu Solo juga banyak Sobat Ambyar yang ingin mengantarkan kepergian sang maestro, sehigga penjagaan aparat kepolisian dan TNI terlihat begitu ketat.

Kini jenazah Didi Kempot menuju rumah duka di Ngawi, Jawa Timur. Sedianya, sore ini akan dikebumikan di sana.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.