Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Distransnaker Halteng Nilai Demonstrasi FPBH Tidak Mendasar dan Melanggar Hukum

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halmahera Tengah Hakkamy Husain. Foto : Masdar Hi Ahmad. 
Weda - Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halmahera Tengah angkat bicara soal polemik yang terjadi pada aksi buruh 1 Mei kemarin.

Menurut Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halteng Hakkamy Husain menyampaikan, demonstrasi yang dilakukan tanggal 1 Mei kemarin itu tidak mendasar dan melanggar hukum. Kenapa tidak aksi itu dilakukan oleh beberapa orang yang kemudian mengatasnamakan FPBH (Forum Perjuangan Buruh Halmahera Terngah), pada hal kalau dilihat dari legitimasi hukum, FPBH tidak memiliki landasan hukum tetap.

Lanjut Hakkamy, serikat buruh yang benar itu sudah terdaftar di perusahaan yaitu SPSI IWIP, mereka inilah yang harus ambil langkah untuk mengakomodir keluhan karyawan yang ada di PT. IWIP.

Kemarin serikat buruh SPSI melalukan aksi damai yang mendukung pihak menejemen PT IWIP untuk tetap beroprasi.

"Demonstrasi yang dilakukan oleh FPBH itu berakhir dengan penangkapan dan PHK beberapa karayawan PT IWIP, ini sangat di sayangkan," kata Hakkamy.

"Untuk melakukan demonstarsi silahkan, tidak ada yang melarang, menyampaikan pendapat itu adalah hak konstisional, namun harus berdsakan aturan yang berlaku dan harus taat hukum," tambahnya.

Hakkamy menambahkan, terkait dengan maraknya terjadi PHK karayawan di PT IWIP, itu adalah hak perusahaan, pihaknya tidak memiliki hak itu. Namun, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halteng berkewajiban menyampaikan ke pihak perusahaan untuk jangan melakukan PHK sepihak, harus berdasarkan kinerjanya. "Jadi, kami dari dinas terkait ambil langkah jika PHK buruh bersifat memihak, harus lihat kasusnya. Jika kasusnya masih bisa dilakukan pembinaan, maka kami akan menyampaikan ke pihak perusahaan untuk lakukan pembinaan,  namun kalau kasusnya pidana, maka harus di PHK. Hal itu berdasarkan peraturan daerah tentang pemberdayaan karyawan," imbuh Hakkamy. (DAR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.