Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Lapas Kelas IIB Pati Mulai Terima Tahanan dengan Memperhatikan Protokol Covid-19

Kepala Lapas Kelas IIB Pati, Usman. Foto : Ist.
PATI
- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati akhirnya sudah kembali bisa menerima tahanan setelah sebelumnya diterbitkan Surat Edaran Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020 tentang Langkah Progresif Dalam Penanggulangan Penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan sebagai upaya pencegahan Covid-19 yang saat ini sedang melanda.

Kepala Lapas Kelas IIB Pati Usman kepada wartawan menjelaskan, penerimaan tahanan itu dilakukan kembali sejak diterbitkannya surat dari Dirjen Pemasyarakatan pada 20 Mei 2020 dengan Nomor Surat PAS-PK.01.01.01-679, Lapas kelas IIB Pati sudah bisa melakukan penerimaan tahanan yang telah Berkekuatan hukum tetap (Inkracht).

"Jadi sekarang kita sudah bisa menerima tahanan yang sudah inkracht, dalam artian disini yaitu tahanan Jaksa yang sudah A2, A3 atau P21 yang sudah inkracht," ungkap Usman beberapa waktu lalu.

Menurutnya, untuk penerimaan tahanan sesuai surat yang diterbitkan harus sesuai dengan syarat yakni, harus melampirkan rapid test, harus tetap diisolasi, dan sebelum masuk harus diperiksa suhu tubuhnya, hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19.

"Penerbitan surat dari Dirjen soal penerimaan kembali tahanan, itu karena saat ini banyak terjadi over kapasitas di Polres dan di Polsek-polsek, sehingga diterbitkannya surat kembali, hanya saja harus sesuai dengan syarat yang dibuat tersebut,"imbuhnya.

Disinggung soal Lapas tidak memiliki kewenangan untuk menolak tahanan, Usman mengaku bahwa itu adalah kebijakan yang diberlakukan secara nasional dan sesuai Instruksi Menhumkam yang disepakati bersama dengan Kejagung dan Kapolri. Penerbitan surat untuk menolak tahanan itu sebagai upaya untuk menghindari dan melakukan pencegahan terhadap Covid-19.

"Sebenarnya tidak kewenangan kita, tapi karena sudah ada keputusan bersama dari Menteri dan adanya Covid-19, maka untuk sementara kita tidak bisa menerima tahanan," cetusnya.

Meski sudah diterbitkannya kembali surat edaran untuk penerimaan tahanan, namun hingga saat ini belum ada tahanan yang masuk di Lapas kelas IIB Pati.

"Kita sudah sampaikan ke Polres, bahkan untuk surat bagi tahanan yang mau masuk juga belum ada," tutup Usman. (WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.