Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Masa Covid-19, Lapas Kelas IIB Pati Belum Terima Pelimpahan Tahanan

Kepala Lapas Kelas IIB Pati, Usman. Foto : Wisnu. 
Pati - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati Usman mengaku belum bisa menerima tahanan dari hasil putusan sidang atau tahanan titipan dari Polres maupun dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Pati. Hal itu disebabkan dari surat edaran yang diterbitkan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, dengan Nomor PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020 tentang Langkah Progresif Dalam Penanggulangan Penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan.

Usman kepada wartawan menjelaskan, belum diterimanya tahanan di Lapas Kelas IIB Pati karena sebagai upaya pencegahan Covid-19 yang saat ini sedang melanda, sehingga untuk menanggulangi hal itu, sementara ini tahanan belum bisa diterima atau dilimpahkan ke Lapas kelas IIB Pati.

"Kita belum bisa menerima tahanan karena Covid-19, sekaligus menindak lanjuti surat edaran yang diterbitkan dari Kementrian," ungkapnya, Senin (11/5/2020).

Saat ini, lanjut Usman, untuk warga yang tersandung kasus atau tahanan yang baru masih berada di Polres Pati, karena untuk pelimpahan ke Lapas belum bisa. "Kalau tahanan sebelum adanya Covid-19, masih bisa dilimpahkan ke Lapas Pati, tapi sejak masa Covid-19, atau sejak diterbitkan surat edaran itu maka untuk sementara masih di tahan di Polres Pati," tambahnya.

Untuk surat edaran itu selain disampaikan ke UPT Lapas, juga disampaikan ke Polres, sehingga kemungkinan karena belum ada pelimpahan tahanan. Tahanan yang sementara ini ditahan di Polres Pati cukup banyak. "Kalau untuk persidangan kita masih menggunakan teleconference, dan itupun tahanan-tahanan lama yang masih dalam proses," imbuhnya. (WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.