Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Sabua Literasi Kampoeng di Kelurahan Payahe Tikep; Kepedulian Berliterasi Bagi Generasi Penerus

Tidore - Sabtu, 9 Mei 2020,  bertempat di pantai Kelurahan Payahe, ada komunitas pegiat literasi dengan nama "Sabua Literasi Kampoeng" yang terdiri pemuda dan pelajar di sana yang memberikan ruang bagi semua warga untuk membaca secara gratis dengan koleksi buku yang beragam.

Tempat baca yang dibuka saat bulan suci Ramadhan ini bermaksud agar mampu menyediakan ruang belajar di luar dari sekolah.

Agar anak mau membaca.
Hal itu diutarakan penggiat "Sabua Literasi Kampoeng", M. Fajri Abdullah. Ia mengutarakan, dirinya bersama rekan-rekannya membuka ruang baca itu lantaran rasa keprihatinannya terhadap keadaan anak-anak yang kurang tertarik dengan buku dan banyak bermain dengan gatget maupun hal yang tidak bermanfaat lainnya. "Sehingga literasi ini hadir sebagai penyeimbang belajar bagi adik-adik di waktu luang ini. Sekaligus memperkenalkan mereka tentang belajar di luar dari sekolah formal," ujar M.Fajri Abdullah.

Lebih lanjut ia mengatakan, "Sabua Literasi Kampoeng" ini memiliki sejumlah agenda ketika selesai pandemi COVID-19 nanti, diantaranya akan bersilaturahim ke kampung-kampung yang notabenenya belum mendapatkan pendidikan yang memadai misalnya akses buku, dan juga agenda menulis serta membaca yang minim, ditambah lagi dengan akan dilaksanakan kursus bahasa Inggris, dan bahasa Arab.

"Sabua Literasi Kampoeng sasarannya mengubah karakter diantaranya pola pikir, sikap, dan tindakan mereka agar meminimalisir kenakalan remaja yang cenderung massif terjadi adik-adik di kampung," ungkap pria yang disapa Bob itu.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.