Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Update Covid-19 di Halteng ; Satu Orang OTG yang Memiliki Kontak dengan ABK KM Dorolonda Dinyatakan Negatif

Salah satu orang OTG yang memiliki kontak dengan awak KM Dorolonda Dinyatakan Negatif covid-19. Foto : Masdar
WEDA - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) pada Sabtu (2/5/2020) memberikan informasi bahwa status Orang Tanpa Gejala (OTG) terhadap RM yang berasal dari Gebe yang diduga memiliki kontak dengan para ABK dan penumpang lainnya di KM. Dorolonda dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan PCR.

Hal itu dinyatakan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Kabupaten Halmahera Tengah Rijja Rajana. Ia mengemukakan, sebelumnya Tim Karantina Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate menyatakan hasil pemeriksaan terhadap para ABK dan penumpang KM. Dorolonda melalui Rapid Test ditemukan 19 orang Reaktif.

Dengan demikian tim di posko masuk Moreala memperketat pemeriksaan dan berhasil mendeteksi 1 orang dari 3 orang yang dilaporkan ikut KM. Dorolonda,

Terhadap Tn. RM yang menuju ke Weda untuk selanjutnya berangkat ke Gebe, langsung dilakukan pendampingan dan edukasi untuk menjalani beberapa tahap pemeriksaan dari Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Tengah. Pemeriksaan awal tanggal 16 April 2020 menggunakan Rapid Test hasilnya Non Rektif. Namun yang bersangkutan berdasarkan arahan pimpinan untuk dilakukan Isolasi Mandiri di Rumah Dinas yang yang disiapkan Pemda selama 14 hari.

Pada tanggal 23 April 2020, 7 hari kemudian, dilakukan rapid test yang kedua oleh RSUD Weda hasilnya Reaktif. Pertimbangan selanjunya perlu pemeriksaan dan penangangan lebih lanjut.

Oleh karena itu, Tim Kesehatan melakukan konsultasi dan koordinasi dengan dokter konsultan Covid-19 Provinsi Maluku Utara di RSU Chasan Bosoeri Ternate, dengan kesimpulan perlu dirujuk ke Ternate dalam rangka penatalaksanaan pengambilan sampel PCR untuk dikirim ke Makassar. Dan Alhamdulillah pada tanggal 30 April 2020 hasil PCR menunjukkan hasil Negatif.

Sedangkan 2 orang lainnya sempat dilakukan pemantauan di Ternate dan dilaporkan hassil rapid test Non Reaktif.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Halmahera Tengah tetap bekerja untuk deteksi dini dan respon terhadap mereka yang datang dari wilayah terjangkit. (DAR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.