Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Wagub DKI Jakarta Himbau Masyarakat Patuhi Fatwa MUI untuk Pelaksanaan Idul Fitri 1441 H

Fatwa MUI No.18 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Sholat Idul Fitri di tengah Pandemi Covid-19 dapat dipatuhi guna menekan penyebaran covid-19. Foto : monitor.
Jakarta -
Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa terkait dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri di tengah pandemi covid-19. Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 itu memberikan tuntunan pelaksanaan Idul Fitri baik di masjid atau lapangan maupun di rumah.

MUI pun menandaskan, Sholat Idul Fitri sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masjid, musholla dan tempat lainnya. Sholat Idul Fitri berjamaah boleh dilaksanakan di rumah.

MUI memfatwakan, apabila suatu daerah tersebut masih di kawasan dengan penyebaran covid-19 belum terkendali atau masih di zona merah, pelaksanaan sholat Idul Fitri dilakukan di rumah.

Kemudian, apabila kawasan itu penyebaran covid-19 sudah terkendali dengan ditandai penurunan angka kasus covid-19, ada kebijakan pelonggaran aktivitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan masukan ahli yang kredibel dan amanah, atau kawasan itu bebas dan diyakini tidak ada penularan COVID-19, misal di perumahan terbatas maka sholat Idul Fitri bisa dilakukan di Masjid maupun tanah lapang.

Mengenai pelaksanaan sholat Idul Fitri itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menegaskan agar warganya sholat di rumah karena pandemi covid-19 masih belum dapat dikendalikan.

"Kita minta dengan sangat agar masyarakat tidak perlu salat Idul Fitri di masjid atau di lapangan sekalian dengan menggunakan protokol COVID, lebih baik salat di rumah, menggunakan protokol COVID-19," kata Riza kepada wartawan, Selasa (20/5).

Riza menjelaskan, meski kini secara perlahan penyebaran virus corona mulai menurun di Jakarta, tetap potensi penularan tidak bisa dihindarkan. Ia khawatir warga DKI yang tertular nantinya dapat berdampak fatal.

Lantaran hal itu, ia menghimbau agar warga tetap mematuhi fatwa MUI dan anjuran pemerintah untuk tetap melakukan ibadah sholat Idul Fitri di rumah berjamaah bersama keluarga. Ia berharap agar semua pihak dapat memahaminya, sehingga pandemi covid-19 ini segera berlalu. (AR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.