Header Ads

https://bizlawnews.id/

Akan Terapkan New Normal, DPRD Halteng : Pemkab Harus Mengatur Kedisiplinan Masyarakat

Munadi Kilkoda. Sekretaris Komisi III DPRD Halteng. 
Weda - Penerapan new normal akan diberlakukan pada sebagian wilayah di Indonesia. Beberapa daerah per 1 Juni 2020 ini sudah ada yang menerapkan new normal di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Doni Manardo mengatakan, ada 102 daerah masuk dalam zona hijau, sehingga aman untuk terapkan new normal. Provinsi Maluku Utara ada lima Kabupaten yang dinyatakan bisa menerapkan new normal, karena masuk dalam zona hijau,  salah satunya Kabupaten Halmahera Tengah.

Dengan hal itulah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Tengah menanggapi penerapan new normal ini, tanggapan ini muncul dari Sekertaris Komisi III DPRD Halteng Munadi Kilkoda.

Senin, 1 Juni 2020, kepada media ini Munadi Kilkoda mengatakan, new normal ini kita diminta untuk beradaptasi dengan Corona virus. Asumsinya penyebaran virus akan terus menerus terjadi sehingga menuntut kita untuk bisa beradaptasi dengannya secara langsung. Namun memang, new normal ini membutuhkan kesadaran tinggi dari kita semua untuk taat pada protokol kesehatan, seperti jaga jarak, rajin cuci tangan, pakai masker dan lain sebagainya.

Karena itu kalau kita mau menerapkan new normal, maka pekerjaan utamanya adalah membangun kesadaran dan edukasi ke masyarakat terhadap Covid-19 ini. "Kuncinya ada pada kesadaran masyarakat," kata Munadi.

Lanjut Munadi, yang juga Ketua AMAN Malut, pemerintah harus juga membuat kebijakan regulasi yang mengatur kedisiplinan masyarakat dalam pelaksanaan protap kesehatan dan juga harus ada regulasi yang mengatur soal itu, sekali gus juga disertai degan punishment supaya orang taat utk melaksanakan disiplin kesehatan.

"Intinya kebijakan new normal harus disertai dengan protap kesehatan. Pemerintah juga harus segera menginventarisir aktivitas mana yang disegerakan berlaku secara normal. Jadi tidak serentak semua normal. Kan nanti ada evaluasi penerapan new normal itu, Halteng yang sudah dapat predikat zona hijau itu harus dapat dipertahankan. Kerja keras dan kerja bersama pemerintah atau satgas dengan masyarakat harus terus dilakukan," ucapnya.

"Untuk pintu penjagaan di pintu masuk juga harus terus dilakukan. Kebijakan yang mengharuskan orang yang datang dari daerah pandemi harus memiliki hasil rapid test tetap harus diberlakukan, ini untuk mengantisipasi jangan sampai zona hijau berubah kembali ke zona merah,"  imbuhnya.

DPRD Halmahera Tengah akan terus mendukung pemerintah dalam mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan penyebaran covid ini. (DAR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.