Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Persiapkan Pilkada 2020, KPU Kota Tikep Adakan Rakor

Rakor KPU dengan instansi terkait untuk mempersiapkan Pilkada 2020.
Tidore
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) pada Selasa, 16 Juni 2020, melakukan Rapat Koordinasi Lanjutan Persiapan Pemilihan Kepala Daerah 2020 bersama instansi terkait.

Rapat di aula Kantor KPU itu dihadiri oleh Ketua KPU Kota Tikep Abdullah Dahlan, Kapolres Tikep AKBP Jalung Siram, Dandim 1505/ Tidore diwakili oleh Lettu Inf. Andre Gusti Wijaya, Kajari Kota Tikep Adam Samima, Kepala Lapas Soasio, Kepala Dinas Kesehatan Abdullah Maradjabesy, Ketua Bawaslu Kota Tikep Bahrudin Tosofu, Kepala Kesbangpol Kota Tikep Muhammad Abdullah, dan para anggota KPU maupun stafnya.

Ketua KPU Kota Tikep Abdulah Dahlan.pada kesempatan itu mengatakan pemilihan kepala daerah pada tahun 2020 ini merupakan yang bersejarah, karena tidak seperti biasanya. Pelaksanaan pemilihan kepala daerah harus mengikuti protokol kesehatan, karena masih dalam pandemi covid-19.

"Dalam pemilu tahun ini sangat bersejarah karena harus mengikuti pertokol kesehatan, sehingga ada tahapan-tahapan yang harus disosialisasikan agar kita tidak keliru di lapangan," kata Abdulah Dahlan.

Ia meminta agar Ketua Tim Gugus dan Kepala Dinas Kesehatan agar mendukung penyelenggaraan pemilihan kepala daerah itu nantinya berjalan dengan baik dan lancar.

"Dalam Peraturan KPU yang baru ini banyak yang harus dilakukan terutama harus mengikuti pertokol kesehatan karena setiap tahapan dari tangal 15 Juni sampai dengan 09 Desember 2020 harus mengikuti protokol kesehatan karena apabila tidak mengikuti protokol kesehatan akan terjadi pelanggaran," kata Abdulah.

Sementara itu, Kapolres Kota Tikep AKBP Jalung Siram, S.I.K, menandaskan pihaknya sudah siap mengamankan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

"Dalam tahapan pilkada ini dalam situasi Wilayah Kota Tidore Kepulauan masih kondusif aman dan masyarakat masih terfokus ke Covid-19," ungkap AKBP Jalung Siram, S.I.K.

Ia menambahkan, sebelum pelaksanaan pemungutan suara diharapkan agar dilaksanakan rapid test untuk petugas yang melaksanakan pengaman TPS di lapangan.

"Dan dalam Pelaksanaan Pengamanan TPS di lapangan perlu disiapkan adalah Alat Pelindung diri (APD)," kata kapolres

Dia menambahkan, sebelum melaksanakan Pilkada ini perlu adanya simulasi sehingga anggota Kepolisian tidak keliru saat pengaman TPS sehingga pilkada ini berjalan dengan lancar.

Dandim 1505/ Tidore yang diwakili Pasi Intel Lettu Inf. Andre Gusti Wijaya mengatakan, dalam pilkada ini kami siap membantu dalam pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota, pihaknya harus bekerjasama dengan aparat lainnya serta menjaga netralitas dalam pelaksanaan pilkada sehingga berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan sama, Kejari Kota Tikep Adam Saimima mengatakan pihaknya meminta agar KPU menyiapkan APD, masker, dan tempat cuci tangan sehingga dalam pelakasanaan pilkada ini berjalan dengan baik.

Dalam pelaksanaan pilkada ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 juga harus  memberikan data kelurahan mana saja yang masih masuk zona merah, sehingga petugas lapangan dapat lebih berhati-hati lagi.

Persiapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2020, Bawaslu menandaskan pihaknya sudah siap menyelenggaran pilkada ini dan saling bekerja sama sehingga pilkada ini berjalan dengan baik.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.