Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Fraksi PDI-P Desak Bupati Halteng Tunjuk Plt. Sekwan

Sekretaris Fraksi DPRD Halteng Nuryadin Ahmad,
WEDA - Pergantian Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Halmahera Tengah (Halteng) terus bergulir di kalangan anggota dan pimpinan DPRD.

Sikap yang diambil para anggota dan pimpinan DPRD untuk menggantikan Sekwan ini demi memperlancar agenda-agenda lembaga yang belum diselesaikan,

Di hadapan para wartawan, Rabu (22/7/20), Fraksi PDI-P melalui Sekretaris Fraksi, Nuryadin Ahmad, meyampaikan,  terkait dengan absennya sekwan dari Sekertariat DPRD, kami berharap agar Bupati segera menunjuk seorang Plt. Sekwan sebagai suporting system untuk melaksanakan fungsi administrasi dalam menopang kerja-kerja DPRD sehingga tidak terjadi kevakuman administrasi (Admisitrative Vacum).

Sebab, tambahnya,  agenda DPRD yang telah diputuskan dalam rapat Banmus untuk masa sidang ini adalah Pembahasan Laporan Pelaksanaan APBD 2019 dan Penyampaian KUA PPAS Perubahan dan KUA PPAS 2021, beberapa agenda ini lanjutnya. "Lebih penting dari segalanya, karena di dalam dokumen KUA PPAS itulah semua kepentingan daerah dan masyarakat akan diputuskan," tandasnya.

"Kami memahami dalam konteks pengangkatan dan pemberhentian Sekertaris Dewan (Sekwan) secara prerogatif menjadi kewenangan Bupati untuk menunjuk orang. Tetapi, harus ada persetujuan dari pimpinan DPRD sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan," ucapnya.

Nuryadin menambahkan, dalam hal pemindahan pejabat telah diatur dalam UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 204 ayat 2  (jo) Pasal 31 ayat 3 Peraturan Pemerintah Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Masih menurutnya, bukan sekadar itu ada juga ditegaskan dalam UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3 yang bersifat khusus atau lex spicialist yang menyebutkan bahwa, pangangkatan maupun pemberhentian Sekertaris DPRD dilakukan oleh Bupati atas persetujuan Pimpinan DPRD.

"Karena itu saya berharap agar Bupati harus segera menanggapi surat pimpinan DPRD perihal pengangkatan Pj. Sekwan, karena keaktifan sorang Sekwan adalah hal yang sangat prinsip dalam pelayanan administrasi di lembaga DPRD," pungkasnya. (DAR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.