Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Iriyani : Pengawas Tingkat Panwascam adalah Garda Terdepan Bawaslu

Iriyani Abd. Kadir, SSos,MSi. Anggota Bawaslu Kota Tidore Kepulauan.
Tidore
- Dalam rangka memantapkan pelaksanaan pengawasan pemutakhiran, pencocokan data pemilih pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan tahun 2020. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Tidore Kepulauan melakukan kunjungan ke 8 Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Tikep.

Anggota Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Iriyani Abd. Kadir, S.Sos, M.Si, yang membidangi divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga mengatakan bahwa, pengawasan terkait pemutakhiran data pemilih yang akan dilaksanakan mulai 15 Juli 2020 berdasarkan Perbawaslu 9 tahun 2017 tentang Pengawasan Pemutakhiran data & Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Terkait pengawasan pemutakhiran data pemilih. Dari Bawaslu Kota Tidore dari tanggal 1-3 Juli sudah turun ke masing-masing Panwascam untuk mengarahkan kepada pengawas di jajaran bawah agar dapat mengawasi tahapan ini dengan baik,” ucap Iriyani di ruang kerjanya, Jumat (03/07/202).

Iriyani bilang, pengawas tingkat bawah yakni Panwascam dan PDK merupakan garda terdepan Bawaslu. Pasalnya, mereka dapat memastikan bahwa Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) menjalankan tugasnya berdasarkan aturan yang telah ditetapkan.

“Panwascam dan PDK juga harus pastikan dalam perekrutan PPDP harus sesuai dengan ketentuan serta wajib untuk dipublish pada tempat umum agar diketahui masyarakat luas. Tahapan akan berjalan mulai 15 Juli 2020, mari kita sama-sama mengawasinya agar dalam pencoklitan nantinya dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dalam kunjungan di 8 kecamatan tersebut, tidak hanya memberikan pemahaman terkait pengawasan pencoklitan namun juga diberikan pemahaman terkait alur-alur penanganan pelanggaran yang disampaikan oleh Anggota Bawaslu divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran serta tata cara pengisian Formulir pengawasan Model A yang disampaikan oleh salah satu staf divisi pengawasan.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.