Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Kabupaten Pati Tegaskan Tidak Akan Terima CPNS Tahun 2020

Kepala BKPP Kabupaten Pati, Jumani,  menegaskan tahun 2020 tidak menerima CPNS. Foto : Wisnu. 

Pati - Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati, Jumani, mengatakan bahwa sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat untuk tahun 2020 belum ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Iya untuk 2 tahun ini belum ada penerimaan CPNS, kemungkinan tahun 2021 baru ada," ungkap Jumani kepada wartawan awal pekan kemarin. 

Menurutnya, untuk usulan pegawai sudah dilakukan, bahkan perencanaan sejak 5 tahun sesuai kebutuhan di daerah juga sudah disampaikan, sehingga tinggal menunggu kebijakan dari pemerintah pusat

"Kita sudah sampaikan usulan formasi, misalnya 500 sudah kita usulkan," katanya. 

Saat ini, lanjut Jumani, ada sekitar 2000 kebutuhan pegawai, apalagi tiap tahun di Pati banyak pegawai yang pensiun, dan jatah pegawai yang ditentukan oleh pusat tidak sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh daerah.

"Sejak 3 tahun ini, ada sekitar 1500 pegawai yang pensiun, jadi sesuai kebutuhan kita sangat kekurangan," ungkapnya. 

Dicontohkannya, sesuai kebutuhan, untuk pegawai masih minim, khususnya tenaga pendidikan atau guru, tenaga medis seperti dokter umum, termasuk dokter spesialis. Ketika dibuka pendaftaran CPNS tidak ada yang masuk, selain itu untuk tenaga administrasi juga banyak kekurangan.

"Untuk tenaga administrasi kalau kita lihat banyak sejumlah bidang yang kekurangan staf," paparnya. 

Untuk usulan yang disampaikan ke pusat tidak mungkin bisa terpenuhi, padahal sesuai kebutuhan apabila terpenuhi bisa mengisi kekurangan bagi pegawai yang sudah pensiun.

"Seharusnya kalau usulan kita terpenuhi, maka bisa mengisi yang pensiun, apabila kita mengambil tenaga honor, itupun harus disesuaikan dengan anggaran daerah," imbuhnya. (WIS) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.