Header Ads

https://daihatsu.co.id/

KPU Hadiri Bimbingan Teknis di Dua Kecamatan

KPU Kota Tikep mengadakan Bimtek Coklit di Kecamatan Oba dan Oba Selatan.
Tidore - Komisi Pemilihan Umum Kota Tidore menggelar bimbingan teknis terkait pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kecamatan Oba dan dan Oba Selatan, Minggu, 12 Juli 2020.

Bimtek yang dilaksanakan sekitar pukul 10.00 - 16.00 WIT  itu terpusat di 5 lokasi.

Komisioner KPU Kota Tidore Kepulauan Abjan Kasim mengatakan Bimtek di Kecamatan Oba digelar di balai pertemuan desa Tului dengan jumlah peserta 24 orang (12 PPS dan 9 PPDP), di kantor desa Gita dengan jumlah peserta 20 orang (12 PPS dan 8 PPDP) dan di kantor Kecamatan Oba di Payahe dengan peserta 24 orang (12 PPS dan 12 PPDP).

Sedangkan Bimtek di Kecamatan Oba Selatan digelar di kantor desa Maidi dengan peserta 16 orang (9 PPS dan 7 PPS) dan di kantor kecamatan Oba Selatan di Lifofa dengan peserta 20 orang (12 PPS dan 8 PPDP).

"Protokol kesehatan Covid-19 tetap kita jaga dalam setiap tahapan pemilihan, makanya Bimtek juga tidak dipusatkan satu tempat untuk menghindari kerumanan," katanya.

Sementara Komisioner KPU Divisi Teknis, Abdulharis Doa berharap kepada petugas Coklit agar menjaga netralitas saat masa tugas pemutakhiran data pemilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan 2020.

"Kami berharap agar PPDP tidak berpihak pada kandidat apapun saat menjalankan tugas," kata Abdulharis saat membawa materi Bimtek di desa Tului.

Selain itu, Ais sapaan akrab Abdulharis mengingatkan agar PPDP harus melakukan coklit di rumah daftar pemilih.

"Jangan melakukan coklit saat bertemu di jalan, atau di tempat kerja, misalnya di kobong (kebun), kegiatan coklitnya harus di rumah," imbuhnya.

Dalam Bimtek ini juga langsung disimulasikan cara coklit untuk lebih menguatkan pemahaman PPDP.

Rencananya, Coklit serentak akan dilaksanakan pada 15 Juli - 13 Agustus 2020.

Adapun jumlah daftar pemilih (Form. Model A.KWK) yang dicoklit untuk kecamatan Oba sebanyak 9.218 jiwa, terdiri dari  laki - laki 4.658 orang dan perempuan 4.560. Sementara daftar pemilih kecamatan Oba Selatan sebanyak 4.503 jiwa, diantaranya laki - laki 2.227 orang dan perempuan 2.276 orang.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.