Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Pemda Kepsul Serahkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2019 Kepada DPRD

Penyerahan Ranperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Kepsul TA 2019.
SANANA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Selasa (21/07/2020), menggelar rapat paripurna dengan agenda penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawan APBD Kepsul Tahun 2019.

Rapat yang berlangsung di ruangan rapat paripurna DPRD Kepsul itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Sinaryo Thes dengan didampingi Wakil Ketua I DPRD Ahkam Gajali dan Wakil Ketua II DPRD Hamza Umasangadji serta diikuti seluruh anggota DPRD.

Sementara untuk dari Pemerintah Kabupaten yang hadir adalah Sekertaris Daerah (Sekda) Syafrudin Sapsuha yang mewakili Bupati Hendrata Thes didampingi seluruh Pimpinan SKPD.

Bupati Hendrata Thes dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Syafrudin Sapsuha menyebutkan, rancangan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBD ini memuat informasi keuangan tahun anggaran 2019 yang telah diaudit oleh BPK-RI perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut) beberapa waktu yang lalu dan diberi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang pertama kalinya. Hal itu, lanjutnya, merupakan prestasi bersama yang patut disyukuri semua pihak, kemudian berupaya mempertahankan pada tahun-tahun yang akan datang.

Ditambahkannya, opini merupakan cerminan akuntabilitas, dan bila suatu entitas memiliki akuntabilitas yang memadai maka merupakan modal yang cukup untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik, dengan kata lain, peningkatan akuntabilitas tidak lain merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam menghasilkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan daerah dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

Selain itu, dalam sabutan Bupati yang di bacakan Sekda Syafrudin Sapsuha juga menyebutkan perangkaan rancangan pertangungjawaban atas pelaksanaan APBD Kepsul tahun anggaran 2019 sebagai berikut.

Laporan realiasi anggaran dengan rinciaan:
Pendapatan daerah di targetkan sebesar Rp805,0 milyar dengan realisasi sebesar Rp810,8 milyar atau 100,72 %. Sedangkan belanja daerah dianggarkan sebesar Rp885,7 milyar dengan realiasi sebesar Rp819, 3 milyar atau 92, 51 %, sehingga dari segi anggaran terdapat defisit anggaran sebesar  Rp80,7 milyar dan dari segi realisasi terdapat defisit sebesar Rp8,5 milyar.

Kemudian penerimaan pembiayaan dianggarkan sebesar Rp82,2 milyar dengan realisasi sebesar Rp82,2 milyar atau 100,01%. Dan merupakan jumlah pembiayan netto, dari realisasi defisit ditambah dengan realiasi pembiyaan netto di atas, maka akan menghasilkan silpa sebesar Rp73,2 milyar.

Laporan perubahan saldo anggaran lebih dengan rincian:
Saldo anggaran lebih awal sebesar Rp82,2 milyar dan saldo anggaran lebih akhir sebesar Rp73, 2 milyar.

Neraca dengan rincian:
jumlah aset sebesar Rp1,5 triliun, jumlah kewajiban sebesar Rp4,9 milyar dan jumlah ekuitas sebesar Rp1,5 triliun.

Laporan operasional dengan rinciaan:
pendapatan LO sebesar Rp829,5 milyar, beban sebesar Rp737, 8 milyar sehingga terdapat surplus LO sebesar Rp91,6 milyar.

Laporan perubahan ekuitas dengan rincian: ekuitas awal sebesar Rp1,3 triliun dan ekuitas akhir sebesar Rp1,5 triliun.

Laporan arus kas dengan rincian:
saldo awal kas di bud per 1 Januari 2019 sebesar Rp82,5 milyar ditambah arus kas dari aktivitas operasi sebesar Rp147,7 milyar dikurangi arus kas dari aktivitas investasi sebesar Rp156,8 milyar ditambah arus kas dari aktivitas transitoris sebesar Rp711,6 juta diperoleh saldo akhir kas di bud sebesar Rp74,2 milyar.

Catatan atas laporan keuangan memuat informasih baik secara kuantitatif maupun kualitatif atas pos-pos laporan keuangan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan secara keseluruhan.

Paripurna tersebut di ahiri dengan penyerahan Ranperda pertanggungjawaban APBD Kepsul tahun 2019 yang diserahkan langsung Sekertaris Daerah Syafrudin Sapsuha kepada Ketua DPRD Sinaryo Thes dan didampingi Wakil Ketua I DPRD Ahkam Gajali dan Wakil Ketua II DPRD Hamza Umasangadji.(EDL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.