Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Pemkab Halteng Tetap Fokuskan Anggaran ke Covid-19

Kepala BPKAD Halmahera Tengah Saiful Samad. Foto : Masdar 
WEDA - Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) masih memfokuskan anggaran daerah untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Pemda Halteng menyiapkan dana Rp 23 miliar untuk percepatan penanganan Covid-19. Dari jumlah ini, sekitar 30 persennya atau Rp 9 miliar sudah terpakai.

Kepala Badan (Kaban) Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Halmahera Tengah, Saiful Samad kepada sejumlah media menjelaskan, Selasa 14 Juli 2020, mengatakan untuk anggaran penanganan Covid-19 sampai saat ini dari Rp.23 miliar itu sudah terpakai sebesar Rp.9 Miliar.

Menurut Kaban, anggaran itu diperuntukkan sesuai Surat Kesepakatan Bersama (SKB), ada tiga hal yang difokuskan diantaranya,  Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Safety. Hal itu semua sudah melekat pada masing-masing dinas seperti Dinas Kesehatan, BPBD, Rumah Sakit, Pekerjaan Umum,  Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perindagkop.

"Dari jumlah total anggaran Rp23 Milyar itu baru terealisasi Rp9 Miliar, jadi yang lebih jelas, anggaran kegiatan selama covid-19 ini,  itu di masing-masing dinas," jelasnya.

Mantan Plt, Sekda Halteng ini juga menjelaskan untuk sisanya 14 miliar itu meski sudah new normal dalam sisi kesehatan, akan tetapi pada sisi ekonomi  masyarakat tetap harus dijalankan,  karena mungkin ada warga yang sudah kerja dan di PHK,  dan masih ada yang takut untuk keluar.

Seperti pada Dinas Perindagkop itu ada kelompok-kelompok perbengkelan, pertukangan, pertanian dan dari Dinas Pangan itu ada kelompok perkebunan. Untuk lama penggunaan anggaran,  memang tidak bisa di prediksi kapan selesai.

"Jadi sesuai permintaan lagi,  saya hanya menyesuaikan kalau ada permintaan yang lain, itu akan disiapkan," ujarnya.(DAR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.