Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Persediaan Pangan di Kota Tikep Hingga Idul Adha Aman

Stok pangan menjelang Idul Adha di Kota Tikep aman dan malahan surplus. Foto : Ist.
Tidore
- Kepala Dinas Pangan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Iskandar Halil mengaku ketersedian stok pangan di daerahnya surplus. Dirinya menegaskan ketersedian pangan yang ada di Kota Tikep saat ini masih bisa terjamin begitu juga jelang lebaran Hari Raya Idul Adha.

"Sangat terjamin untuk ketersedian pangan yang ada di Tikep, baik pangan yang impor dari luar daerah maupun lokal sendiri. Bahkan surplus untuk ketersedian pangan kita," tegas Iskandar saat dikonfirmasi belum lama ini.

Kadis Pangan Kota Tikep, Iskandar Halil.

Iskandar mengaku ketersediaan pangan di Kota Tikep terjamin lantaran arus transportasi laut melalui tol laut berjalan lancar.

"Jadi beberapa waktu lalu hasil pantauan kami di lapangan, ketersedian sangat terjamin, apalagi jelang Idul Adha ini. Pada intinya, ketersedian pangan ini setiap saat kita monitoring di lapangan," akunya.

Dirinya saat ditanyakan terkait dengan kondisi harga pangan di pasar maupun tempat usaha lainya mengaku fluktuatif.

"Yang mengalami kenaikkan ini hanya pada barito. Yakni cabe serta tomat. Harga cabe saat ini per kilo bahkan tembus Rp.100 ribu. Jadi kenaikkan harga ini bukan karena covid-19 tetapi karena curah hujan, makanya hasil produksi menipis," ungkapnya.

Namun, Iskandar memastikan jelang Idul Adha harga barito bakal stabil. "Ya kami pastikan Idul Adha harganya akan mulai turun, karena banyak yang panen," tegasnya.

Saat ditanya mengenai jatah Pemkot Tikep untuk beras Bulog sebanyak 100 ton per tahun itu apakah bisa disalurkan disaat pendemi ini, Iskandar mengaku tidak bisa.

"Beras Bulog itu disalurkan kecuali bencana alam, covid-19 ini kan non-alam. Jatah Bulog 100 ton itu dipersiapkan untuk tangani bencana alam," pungkasnya.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.