Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Proyek yang Menghabiskan Anggaran Rp 6 Milyar di Kecamatan Patani Halteng Dinilai Gagal, Kontraktor Harus Bertanggung Jawab

Proyek penataan kawasan pantai di Desa Kipai, Kecamatan Patani, Kabupaten Halteng, terancam gagal.
Weda - Pekerjaan proyek multiyears di Desa Kipai Kecamatan Patani Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) yang dikenal dengan kawasan ekonomi terpadu di area jerepete terancam gagal.

Hal ini disebabkan karena kontraktor CV. Aditama Kontruksindo yang mengerjakan proyek ini tidak menyelesaikan sesuai dengan perencanaan.

Menurut salah satu warga Usban Ahmad di hadapan wartawan, Rabu (15/7/20), menyampaikan ada sejumlah pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor tidak selesai secara keseluruhan.

"Banyak pekerjaan asal-asalan yang dilakukan oleh kontraktor CV. Aditama Kontruksindo, sebab batu gaja yang seharusnya diletakkan di bibir timbunan untuk menahan ombak terlihat amburadul," ucapnya.

Dia pun menjelaskan, untuk tiang pemancang seharusnya diletakkan di dasar tanah, bukan diletakkan di atas timbunan dan dilakukan pengecoran, agar supaya tiang itu tidak roboh ketika diterpa ombak.

"Banyak tiang-tiang pemancang yang roboh karena olah kontraktor yang tidak selesaikan pekerjaan proyek ini," ujarnya.

Usban yang juga salah satu pemuda di Desa Kipai ini mengungkapkan, kegiatan pekerjaan proyek ini dinilai gagal total, pihak kontraktor harus bertanggung jawab terkait dengan masalah ini. "Kasihan masyarakat yang ada di dekat pantai , jika musim angin, mereka yang kena dampaknya," tambahnya.

"Selain dari itu, kontraktor ini juga diduga belum membayar sejumlah retasi tanah milik masyarakat, sehingga masyarakat yang bersangkutan mengambil sejumlah batu timbunan yang ada," paparnya.

Usban berharap kepada DPRD Halmahera Tengah dan Dinas terkait untuk memanggil pihak CV. Aditama Kontruksindo untuk dapat menyelesaikan sisa pekerjaan ini. Sehingga proyek yang menghabiskan anggranya Rp 6 miliar 10 juta ini tidak sia-sia. (DAR)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.