Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Terkait Tunjangan Guru di Dacil, Kadinas Pendidikan Tikep Nyatakan Pihaknya Tak Berwenang Menentukan Suatu Desa Masuk Dacil

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore. Ismail Dukomalamo. Foto : Sukardi Hi Ahmad.
Tidore – Para Guru di Kecamatan Oba Selatan, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara (Malut), harus menerima kenyataan, karena tidak semua tenaga pendidik (Guru) di sana mendapat tunjangan Daerah Terpencil (Dacil).

Untuk Kecamatan Oba Selatan, hanya di dua Desa yakni Desa Hager dan Desa Nuku yang mendapat tunjangan Dacil.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, saat dikonfirmasi BIZLAWNEWS di ruangan kerjanya mengatakan, terkait dengan Dacil, bukan kewenangan Dinas Pendidikan, karena Dinas Pendidikan hanya menjalankan perintah untuk membayar tunjangan Guru di Wilayah terpencil. Ia menandaskan, sesungguhnya status daerah terpencil itu bukan kewenangan Dinas Pendidikan, melainkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang menentukannya.

Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDT) menentukan, pada tahun 2020 ini, untuk wilayah Kecamatan Oba Selatan tinggal dua Desa yang termasuk daerah terpencil yakni Desa Hager dan Desa Nuku. "Kemendesa PDT yang menentukan desa itu masuk ke daerah terpencil. Untuk wilayah Kecamatan Oba Selatan, tinggal dua desa yang masuk kriteria itu yakni Desa Hager dan Nuku," ungkap Kepala Desa Pendidikan Kota Tidre Kepulauan, Ismail Dukomalamo.

Lebih lanjut ia memaparkan, Desa Hager dan Desa Nuku merupakan kesamaan data antara Kementrian Pendidikan dan Kementrian Desa PDT, karena penentuan suatu wilayah terpencil itu bukan kewenangan Dinas Pendidikan, melainkan penentuan wilayah terpencil adalah ranahnya Kementrian Desa PDT.

“Hingga saat ini Dinas belum mengatahui mekanisme pengusulan sebagai desa terpencil, apakah pengusulan desa terpencil melalui Desa tersebut atau bukan itu belum diketahui. Namun Dinas Pendidikan hanya diminta membayar tunjangan Dacil," ujarnya.

Ismail memaparkan, Kota Tidore Kepulauan terkendala dengan momenklatur sebagai Kota, maka bisa berpengaruh pada status wilayah terpencil, karena tidak ada kota yang berstatus terpencil.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.