Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Kelurahan Bobo Terpilih sebagai Kelurahan Sadar Pemilu di Kota Tikep

Sosialisasi Pilkada Kota Tiket 2020 dilakukan dengan membuat kampung percontohan sadar Pemilu. 
Tidore - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tidore Kepulauan (Tikep) Tahun 2020 yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020, Kelurahan Bobo, Kecamatan Tidore Utara, diharapkan dapat menjadi kampung percontohan untuk pelaksanaan Pilkada Serentak secara nasional.

Koordinator Divisi PHL Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tidore Utara Yahyudin Miraj mengatakan, Kelurahan Bobo merupakan satu-satunya kelurahan di Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan, yang menjadi kampung percotohan kampung sadar pemilu.

Kampung sadar pemilu, dengan tujuan filosofi GAM MA LAHA (bahasa daerah Tidore) menciptakan kampung kebaikan, lebih khusus kebaikan dalam paradigma pemilu yang baik.

Turut hadir dalam diskusi, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Bahrudin Tosofu,SH, Komisioner Panwaslu Kecamatan Tidore Utara, Ketua Pemuda Bobo Imran Husen dan sejumlah pemuda kelurahan Bobo.

Kegiatan Bacarita Kampung Sadar Pemilu, dimulai pada pukul 19.30 WIT sampai selesai, berlangsung dengan sederhana dan tertib, serta diskusi santai seputar pemilu.

“Dari 14 kelurahan/desa, hanya Kelurahan Bobo yang menjadi fokus kampung binaan Panwaslu Kecamatan Tidore Utara. Kegiatan Bacarita Kampung ini diagendakan dua kali dalam sebulan, dengan tujuan memberikan pemahaman-pemahaman regulasi pemilu dan pengawasan. Harapan dari kegiatan ini, mampu menciptakan agen-agen pengawasan partisipatif dan Membangkitkan Kesadaran Pemilu Yang Bersih dari Pelanggaran Pemilu di Kota Tidore Kepulauan, khususnya di Tidore Utara lebih khusus di Kelurahan Bobo,” kata Ketua Panwaslu Kecamatan Tidore Utara Iswan Dukomalamo kepada wartawan usai agenda bacarita pilkada Selasa (11/8).

Bawaslu Kota Tidore Kepulauan bertugas untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dalam mendukung upaya pemberantasan praktik politik uang, memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menerima setiap informasi agar tidak mudah menjadi korban hoaks dan Isu SARA, mencegah terjadinya pelangaran ASN (Aparatur Sipil Negara) dan mencegah pelanggaran pemilu lainnya.”Tutur Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Bahrudin Tosofu,SH

Nantinya akan dilakukan lounching Kampung Sadar Pemilu di kelurahan Bobo,meski belum menentukan jadwal launching  Kampung Sadar Pemilu, Iswan mengatakan bahwa, lounching akan dilakukan setelah dilakukannya bacarita kampung sebagai penguatan dalam beberapa minggu kedepan.

Tujuan louching adalah mengenalkan kepada publik bahwa kel.Bobo dinobatkan sebagai Kampung Sadar Pemilu.
Pelaksanaan launching Kampung Demokrasi ini akan dilaksanakan dengan konsep Rembug Kampung, yang akan menjadi ajang musyawarah bagi kelompok masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada di Kota Tidore Kepulauan.

Sementara dalam waktu yang sama, pemuda kelurahan Bobo yang hadir sangat mengapresiasi kegiatan Kampung sadar Pemilu, ketua pemuda kel. Bobo Imran Husen mengatakan bahwa “kami sangat mengapresiasi kehadiran pengawas pemilu di kelurahan bobo dengan agenda bacarita kampung, menciptakan ruang-ruang diskusi, lebih khusus diskusi tentang pemilu, maka secara tidak langsung membuka ruang pendidikan politik yang baik.(LAK)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.