Header Ads

https://daihatsu.co.id/

Optimalisasi BUMD, Pemkab Pati Usulkan Penambahan Modal Usaha Perumda Bidang Percetakan Rp375 juta

Bupati Pati Haryanto.
PATI - Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengusulkan penambahan modal usaha untuk Perusahaan Daerah Aneka Usaha yang bergerak di bidang percetakan sebesar Rp375 juta untuk optimalisasi peran BUMD itu dalam memberikan pemasukan bagi daerah.

"Peran Perusda Aneka Usaha selama ini memang belum optimal karena beberapa faktor. Salah satunya, terkait permodalan, serta faktor peralihan dan percetakan yang belum maksimal dikarenakan mesinnya rusak," kata Bupati Pati Haryanto saat rapat Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati di Pati, Selasa.

Rapat itu dalam rangka penjelasan Bupati Pati terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyertaan Modal Daerah ke dalam PT BPD Jateng dan Perusda Aneka Usaha Kabupaten Pati pada Perubahan APBD Kabupaten Pati 2020 serta Raperda tentang Perubahan APBD 2020.

Untuk memacu kinerjanya agar lebih optimal, kata dia, Pemkab Pati mencoba memacunya dengan penyertaan modal sebesar Rp375 juta, untuk memenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari pembaruan untuk beberapa alat percetakan yang rusak.

Selain penambahan modal untuk Perusda Aneka Usaha, Pemkab Pati juga menambah penyertaan modal untuk Bank Jateng sebagai peningkatan bagian kepemilikan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah melalui dividen.

Pada masa pandemi COVID-19, diakui Haryanto berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) yang mengalami penurunan.

Pasalnya, kata dia, sejumlah sektor usaha yang menjadi objek pajak, seperti rumah makan, tempat wisata, hingga penginapan sepi pengunjung karena COVID-19.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menambahkan penyertaan modal daerah untuk Bank Jateng maupun Perusda Aneka Usaha merupakan langkah penting untuk meningkatkan pemasukan daerah.

"Kami juga ingin mengoptimalkan peran BUMD yang ada sehingga nantinya bisa menjadi penyumbang pendapatan daerah," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, penyertaan modal juga menjadi penggerak perekonomian dan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai peran masing-masing.(ANT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.